Nasional

Menristek: Masyarakat Inovatif, Indonesia Maju

Anas Baidowi - 20/08/2020 18:23

Beritacenter.COM - Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) yang juga menjabat Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Bambang PS Brodjonegoro mendukung berkembangnya kecerdasan artifisial yang merupakan dasar suatu inovasi di masa depan. Dan inovasi sendiri menjadi penggerak kemajuan bangsa dan negara yang tentunya hanya bisa diciptakan oleh masyarakat yang inovatif.

"Kita harus menjadikan inovasi sebagai suatu 'spirit', suatu semangat yang muncul di kalangan masyarakat kita. Karena hanya dengan menjadi masyarakat inovatif lah kita bisa menciptakan negara maju," kata Menristek Bambang dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (20/8/2020).

Menurut Bambang, banyak manfaat yang didapat dalam menerapkan kecerdasan artifisial di indonesia. Diantaranya memnciptakan efiensi perekonomian hingga menciptakan inovasi di masa depan. 

Hal itu disampaikan Menristek Bambang saat menjadi pembicara dalam seminar virtual yang diinisiasi oleh Asosiasi Big Data & AI (ABDI) dengan tema "Strengthening Research & Innovation with AI to Foster Economic Recovery", Rabu (19/8).

Bambang menegaskan, Kecerdasan artifisial menjadi salah satu upaya yang dilakukan Indonesia agar tidak hanya menjadi pasar melainkan juga mampu menjadi pemain pada revolusi industri 4.0.

"Indonesia tidak boleh hanya menjadi pasar dari revolusi industri ke-4, Indonesia harus bisa menjadi pemain. Salah satunya pemain dalam kecerdasan artifisial," tegas Bambang.

Menurut Bambang, dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) serta berbagai inovasi dapat menambah nilai dari sumber daya alam (SDA) yang dimiliki Indonesia.

"Ekonomi kita tidak boleh hanya bergantung kepada ekstraksi sumber daya alam, baik itu hasil pertanian maupun hasil tambang, tetapi dengan sentuhan teknologi dan sentuhan ilmu pengetahuan, kita harus menciptakan nilai tambah dari sumber daya alam yang kita miliki," ujarnya.

 

 

TAG TERKAIT :
Berita Center Ekonomi Indonesia Maju Masyarakat Inovatif

Berita Lainnya