Kriminal

Polisi Tangkap Pria yang Ngaku Wartawan dan Peras Pengelola Objek Wisata di Wonosobo

Baharuddin Kamal - 24/08/2020 20:03
Ilustrasi.
FOKUS : Polisi

Beritacenter.COM - Jajaran anggota kepolisian menangkap seorang pria lantaran mengaku sebagai wartawan serta melakukan pemerasan kepada pengelola objek wisata Batu Angkruk, Wonosobo. Pelaku diketahui bernama Edi Yan Mazel (50).

"Kepada pengelola objek wisata, tersangka ini mengaku sebagai wartawan majalah Buser. Awal kedatangannya, tersangka meminta sumbangan dengan membawa proposal," kata Kapolres Wonosobo AKBP Fannky Ani Sugiharto saat jumpa pers di kantornya, Senin (24/8/2020).

Ani menjelaskan, pelaku awalnya menanyakan surat izin kepada pengelola objek wisata tersebut. Lantaran izin masih dalam proses, tersangka kemudian meminta sejumlah uang kepada pengelola wisata.

"Tersangka meminta Rp 1,5 juta. Kalau tidak diberikan, tersangka ini mengancam akan menutup objek wisata tersebut. Dan pengelola sempat memberikan uang Rp 300 ribu, tetapi tersangka tidak mau," jelasnya.

Dari pengakuan tersangka, lanjut Ani, aksi pemerasan itu baru dilakukan sebanyak satu kali. Namun Ani mengaku akan mengembangkan kasus tersebut. Karena tak tutup kemungkinan hal serupa juga dilakukan di objek wisata lainnya.

"Sementara ini baru satu objek wisata. Tetapi, ini akan kami kembangkan. Kepada tersangka kami kenakan pasal 368 ayat 1 KUHP atau pasal 369 ayat 1 KUHP dengan ancaman 8 tahun penjara," kata dia.

Sementara itu, tersangka Edi mengaku kedatangannya untuk meminta sumbangan lantaran medianya akan mengadakan peringatan hari ulang tahun. Sedangkan terkait izin, ia mengaku untuk membantu pengelola wisata.

"Media kami mau mengadakan harlah yang ke-20 kami mendapat proposal untuk penggalangan dana ulang tahun. Kalau izin hanya membantu untuk membikinkan ke dinas perizinan," ujar Edi saat dihadirkan dalam jumpa pers di Mapolres Wonosobo.

TAG TERKAIT :
Pemerasan Penipuan Berita Kriminal Indonesia Berita Center Wonosobo Kasus kriminal

Berita Lainnya