News

Polisi Siapkan Rekayasa Pengalihan Arus Lalin, Antisipasi Macet Demo Depan DPR

Aisyah Isyana - 25/08/2020 09:35

Beritacenter.COM - Aksi unjuk rasa dilakukan sejumlah elemen massa dari kalangan buruh, petani, hingga pedagang kaki lima (PKL), di depan gedung DPR pagi ini. Guna mengantisipasi kemacetan, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro menyiapkan rekayasa pengalihan arus.

"Pengalihan arus bersifat situasional," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangannya kepada wartawan Selasa (25/8/2020).

Adapun pengalihan arus itu akan dilakukan polisi jika nanti kondisi lalu lintas di depan DPR mengalami kepadatan. Jika nanti terjadi penumpukan massa di aksi demo itu, polisi akan mengalihkan kendaraan dari arah timur ke barat lewat DPR.

Sekedar diketahui, massa dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) yang akan melibatkan buruh dari sejumlah elemen Serikat Pekerja di wilayah Jabodetabek menggelar demo di DPR. Dikatakan Ketua Departemen Komunikasi dan Media KSPI, Kahar S Cahyono, menyebut demo akan digelar sekira pukul 10.30 WIB, seperti dilansir Antara, Selasa (25/8).

Rencananya, massa akan berkumpul didepan Gedung TVRI, Jakarta Pusat, kemudian bergerak dengan jalan kaki menuju Gedung DPR RI. Aksi demo itu digelar dengan agenda menolak 'omnimbus law' RUU Cipta Kerja dan setop PHK.

"Agenda menolak 'omnibus law' RUU Cipta Kerja dan setop PHK," katanya.

Sejumlah pedagang kaki lima (PKL) yang biasanya sehari-hari berjualan di sekitar bantaran banjir kanal timur (BKT) Jakarta Timur, rencananya akan turut berunjuk rasa di Gedung Wali Kota Jakarta Tumur di Kawasan Pulo Gebang. Adapun aksi demo yang digelar sekira pukul 09.00 WIB itu digelar dengan tuntutan memperoleh izin berdagang, usai penutupan lapak sejak Maret 2020 lalu.

Jika nanti terjadi kepadatan, polisi akan melakukan rekayasa arus lalu lintas di depan DPR, yakni :

1. Arus lalu lintas dari Jl Gatot Subroto arah Gedung DPR dibelokkan ke kiri ke Jl Gerbang Pemuda.
2. Arus lalu lintas dari Jl Gerbang Pemuda arah Jl Gatot Subroto diputar balik di kolong layang Farmasi ke Jl Gerbang Pemuda.
3. Arus lalu lintas dari Tol Dalam Kota yang akan keluar di off ramp Pulo Dua diluruskan ke arah Tol Tomang.
4. Arus lalu lintas dari Jl Palmerah timur arah Jl Gelora diluruskan ke Jl Tentara Pelajar.
5. Arus lalu lintas dari Jl Asia Afrika arah Jl Gelora dibelokkan ke kanan Jl Gerbang Pemuda.
6. Arus lalu lintas dari Jl Gerbang Pemuda arah Jl Gelora dibelokkan ke kiri Jl Asia Afrika.

TAG TERKAIT :
Polda Metro Jaya Unjuk Rasa Aksi Demo Pengalihan Arus Demo Depan DPR

Berita Lainnya