Teknologi

Tak Puas Dengan Mobil Listrik, Bos Tesla Berencana Buat Pesawat Listrik

Anas Baidowi - 26/08/2020 03:14
CEO Tesla, Elon Musk

Beritacenter.COM - CEO Tesla, Elon Musk melalui akun Twitter miliknya mengatakan bahwa rencananya dalam membuat baterai untuk pesawat listrik akan tetap berjalan. Elon menyatakan, produk itu kemungkinan terwujud 3-4 tahun lagi.

Sebelumnya, Musk yang juga CEO SpaceX pernah menyatakan bahwa dirinya memiliki desain pesawat listrik yang bisa lepas landas dan mendarat vertikal (vertical take-off and landing/VOTL). Namun agar desain itu dapat terwujud, dibutuhkan baterai dengan kemempuan menyimpan energi yang lebih besar dari yang sudah ia buat.

CEO Produsen mobil listrik pertama itu menyatakan, setidaknya dibutuhkan baterai dengan kapasitas 400 Wh/kg untuk dapat menerbangkan pesawat itu. Sedangkan baterai yang telah diproduksi yang saat ini juga digunakan pada mobil Tesla hanya 260 Wh/kg.

Dilansir dari Electrek.co yang mengabarkan bahwa komentar Musk itu muncul usai tim penelitian baterai Tesla yang dipimpin Jeff Dahn mempublikasi makalah penelitian baru tentang kemajuan pengembangan sel baterai lithium tanpa anoda.

Baterai terobosan baru itu, diklaim oleh peneliti dapat melakukan penyimpanan energi yang lebih baik. Bahkan dapat memungkinkan aviasi urban bertenaga listrik.

"Kepadatan energi yang begitu tinggi dapat meningkatkan jangkauan kendaraan listrik menjadi sekitar 280 km atau bahkan memungkinkan penerbangan perkotaan bertenaga listrik," tulis peneliti.

Walau begitu Musk menjelaskan teknologi itu masih perlu pengembangan sebab prototipe sel baterai yang sudah dibuat tidak mampu mencapai 'siklus hidup lama'.

TAG TERKAIT :
Berita Center Tesla Tesla Bikin Pesawat Listrik

Berita Lainnya