Teknologi

Kabar Gembira, Toyota Starlet Dikabarkan Hadir Kembali di Afrika

Anas Baidowi - 28/08/2020 01:20

Beritacenter.COM - Toyota akan meluncurkan generasi penerus dari hatchback legendaris mereka, yakni Toyota Starlet. Hatchback ini akan diproduksi di India untuk pasar Afrika.

Hal tersebut diketahui setelah salah satu media di India membocorkan penampakan mobil Toyota dengan emblem starlet berupa foto spyshot.

Nama Starlet populer di Indonesia, saat ini unit bekasnya pun masih diburu oleh orang-orang yang ingin bernostalgia. Penjualan Starlet di Indonesia dimulai dari generasi ketiga pada 1985, namun model yang paling laris yaitu generasi keempat 'Kapsul' yang diproduksi pada 1990 hingga pada 1998 Starlet berhenti diproduksi di Indonesia dan digantikan oleh Toyota Yaris.

Perlu diketahui, Glanza merupakan nama yang digunakan Toyota untuk pasar Afrika. Glaza generasi terbaru ini merupakan rebudge dari salah satu mobil merek jepang yang juga diproduksi di India, yakni Suzuki Baleno.

kesepakatan Toyota dan Suzuki soal kolaborasi telah diumumkan tiga tahun lalu. Salah satu klausulnya yakni Toyota diizinkan menjual mobil berbasis produk Suzuki.

Desain Body Glanza dan Baleno kemungkinan akan sama, hingga Mesin yang dipakai pun juga sama, yakni 1.200 cc yang menghasilkan 82 hp dan 113 Nm. Namun, kemungkinan akan ada opsi mesin yang lain,yakni 1.200 cc hybrid bertenaga 89 hp dan 113 Nm.

Perbadaan antara kedua mobil tersebut hanya terletak pada desain palek yang dipakai.

Dikutip dari gaadiwaadi.com, Starlet diproduksi di pabrik Suzuki di Gujarat, sama seperti Baleno dan Glanza. Pasar ekspor Afrika disebut sebagai peluang bisnis bagi Toyota memanfaatkan kemampuan produksi mobil Suzuki yang merupakan terbesar di India.

Selain itu, Carmag.co.za menjelaskan Starlet pernah dijual di Afrika mulai 1973 hingga 1999. Kombinasi nama Glanza dan Starlet tidak asing sebab saat pada generasi terakhir (kelima) Starlet dijual di Jepang, Toyota memberinya nama Starlet Glanza sebagai varian sport.

TAG TERKAIT :
Berita Center Otomotif Toyota Starlet Reborn Toyota Glanza Starlet Rebadge Baleno

Berita Lainnya