News

Hari Ini, 10 Orang di KPK Dinyatakan Positif Virus Corona

Baharuddin Kamal - 28/08/2020 16:29
Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri.

Beritacenter.COM - Plt Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri mengatakan bahwa ada 23 pegawai serta satu tahanan antirasuah yang dinyatakan positif virus Corona (Covid-19). Namun, hingga saat ini KPK belum menerapkan lockdown.

"Nanti kami update kembali kebijakan yang akan diambil," kata Ali Fikri kepada wartawan, Jumat (28/8/2020).

Dia menyebutkan, saat ini pihaknya tengah melakukan evaluasi terhadap sistem kerja pegawai KPK. Hal ini dilakukan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

"Adapun kebijakan terkait sistem dan jam kerja pegawai pada bidang lainnya sedang dievaluasi kembali untuk dilakukan langkah-langkah sesuai mitigasi risiko," ujarnya.

Ali menjelaskan, 23 orang yang dinyatakan positif tersebut merupakan akumulasi dari data yang dirilis KPK pada Kamis (27/8) dan hari ini. Pada Kamis (27/8) ada 9 pegawai, 4 non-pegawai dan 1 tahanan yang dinyatakan positif Corona.

Kemudian pada hari ini, Jumat (28/8), jumlah pegawai yang positif bertambah 10 orang terdiri dari 4 pegawai dan 6 non-pegawai. Salah satu dari 10 pegawai KPK itu merupakan penyidik KPK Novel Baswedan.

"Dari hasil swab beberapa pegawai KPK maka per hari ini telah diperoleh informasi ada 10 pegawai yang terpapar virus COVID-19 terdiri dari pegawai di direktorat penyidikan 4 orang, 6 dari non-pegawai/pegawai outsourching pada biro umum," ujar Ali.

Sebelumnya diketahui, Novel Baswedan dinyatakan positif Corona. Ia mengaku sempat demam dan batuk-batuk 3 pekan lalu.

"Sebetulnya begini... 3 pekan lalu saya demam, 3 pekan ya, dan kemudian saya ada menyertai demam itu batuk. Biasanya kalau saya batuk itu sebulan, dan ketika swab kemarin masih ada batuk sedikit, masih ada lendir sedikit, mungkin itu ter-capture Corona atau Corona beneran nggak tahu," ujar Novel kepada detikcom, Jumat (28/8).

TAG TERKAIT :
KPK Berita Center Komisi Pemberantasan Korupsi Jubir KPK Ali Fikri COVID-19 Dilingkungan KPK

Berita Lainnya