Nasional

SAH! Gedung KPK Akan Digembok Selama 3 Hari

Baharuddin Kamal - 28/08/2020 19:26
Gedung KPK.

Beritacenter.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menutup total markas antirasuah selama tiga hari. Hal ini dilakukan menyusul puluhan pegawai di lembaga antikorupsi ini yang terkonfirmasi positif virus corona Covid-19 berdasarkan tes swab.

Diketahui, secara total ada 23 pegawai KPK, baik tetap maupun outsourching dan 1 orang tahanan yang positif Covid-19.

"Tadi telah dilaksanakan rapat pimpinan bersama jajaran eselon I, II, kemudian kita memutuskan bahwa terhitung nanti sejak hari Senin 31 Agustus sampai dengan hari Rabu, 2 September kita full bekerja dari rumah, dalam artian kantor kita tutup sampai tiga hari tersebut," ujar Wakil Ketua KPK, Nawawi Pomolango, saat dikonfirmasi, Jumat (28/8).

Mantan hakim tindak pidana korupsi ini mengatakan pemberlakuan kebijakan tersebut dikecualikan untuk pegawai yang bekerja pada bidang penindakan. Direktorat tersebut akan merumuskan langkah dalam menyikapi kejadian pegawai yang terpapar virus corona.

Sebab, dalam proses penyidikan berjalan, KPK memerlukan waktu 60 hari terhadap tersangka pemberi dan 120 hari terhadap tersangka penerima untuk merampungkan berkas perkara. Jika melewati jangka waktu tersebut, penyidik harus mengeluarkan tersangka dan tahanan demi hukum.

"Kecuali kepada beberapa rekan personel di bagian Deputi Penindakan yang tentu akan disikapi oleh kedeputian penindakan. Bagaimana mungkin kalau mereka tidak bisa ditinggalkan," sambungnya.

Sebelumnya, KPK melakukan tes swab PCR terhadap 194 pegawainya pada Kamis, 27 Agustus 2020. Tes swab dilakukan di Gedung Juang KPK bekerjasama dengan poliklinik KPK dan RSPAD Gatot Subroto.

"Dari hasil swab beberapa pegawai KPK, maka perhari ini telah diperoleh informasi ada 10 pegawai yang terpapar virus Covid-19," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Jumat (28/8/2020).

10 orang tersebut terdiri dari 4 orang yang bekerja di direktorat penyidikan, dan 6 dari pegawai outsourching pada biro umum KPK. Satu dari empat orang yang positif Covid-19 di direktorat penyidikan diketahui Novel Baswedan.

"KPK telah mengambil langkah terhadap para pegawai yang telah terkonfirmasi positif dengan dilakukan isolasi mandiri dan telah dalam pemantauan layanan kesehatan tempat tinggal terdekat," kata Ali.

TAG TERKAIT :
KPK Berita Center Komisi Pemberantasan Korupsi Virus Corona Pandemi COVID-19

Berita Lainnya