Kesehatan

100 Dokter Gugur, PB IDI Keluarkan 4 Instruksi

Anas Baidowi - 31/08/2020 15:07

Beritacenter.COM - Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Daeng M Faqih mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 dan Kementerian Kesehatan terkait 100 dokter yang gugur selama pandemi Covid-19.

Dalam koordinasi itu, PB IDI memberikan empat poin instruksi yang diharapkan bisa dilaksanakan. "Kami sudah koordinasi dengan Satgas dan Kementerian, kami berharap bisa dilaksanakan," katanya, Senin (31/8).

Empat point yang diharapkan PB IDI adalah, pertama agar kebutuhan alat pelindung diri (APD) bagi dokter maupun tenaga kesehatan dalam bertugas tetap terjaga ketersediaanya.

Kedua, rumah sakit harus melakukan penjadwalan jaga tugas kesehatan agar tidak kelelahan yang berisiko tertular Covid-19.

Ketiga, rumah sakit harus memberlakukan kebijakan khusus terhadap petugas kesehatan yang memiliki komorbid dan risiko tinggi untuk sementara tidak praktik atau sangat dibatasi.

Keempat, rumah sakit didorong melakukan pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) rutin kepada petugas kesehatan agar terpantau ketat dan tidak terjadi penularan luas Covid-19 di rumah sakit.

Daeng meminta semua pihak mampu melaksanakan empat poin tersebut. "Semua pihak seharusnya bergotong-royong untu men-support rumah sakit agar mampu melaksanakan 4 hal diatas," tuturnya.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center IDI Covid-19 PB IDI 100 dokter meninggal

Berita Lainnya