Opini

PERTAMINA Rugi 11 T "KARDUN" Sibuk Serang Ahok, Anies Bikin Pemprov DKI Jakarta Rugi 40 T Si KARDUN DIAM...!

Indah Pratiwi Budi - 31/08/2020 15:18
FOKUS : Ahok

Pertamina rugi USD 767.2 juta atau sebesar 11 T itu memang fakta,tetapi bukan hanya pertamina yang mengalami kerugian.hampir semua perusahaan minyak dunia mengalami kerugian.

Ini kondisi force majeure di akibatkan oleh pandemi covid 19.lihat saja perusahaan sekelas exxon mobil yang mengalami kerugian USD 1.1 M selama semester 1 2020.juga perusahaan BP dari inggris yang mengalami kerugian USD 6.7 M dan perusahaan yang berbasis di amerika serikat chevron yang pada semester 1 th 2020 mengalami kerugian USD 8.3 M .

Tentu kita bisa menarik kesimpulan bahwa kerugian yang di alami pertamina lebih kecil dibandingkan perusahaan minyak dunia lainnya di tengah kondisi force majeure seperti ini.

Sebelas dua belas dengan pertamina,pemprov DKI juga mengalami kerugian yang tidak main-main sebesar 40 T yang mengakibatkan tunjangan PNS pemprov DKI di potong sampai 50 %.

Sama-sama rugi tetapi yang membedakan pertamina rugi di akibatkan kondisi force majeure covid-19 yg menyebabkan lemahnya harga minyak dan gas dunia,pergerakan mata uang rupiah yang terdepresiasi cukup dalam,turunnya pendapatan dan penjualan yang mencapai 20 % dan penjualan sektor hilir yang terpukul sampai 13 persen dari periode sebelumnya.

Ini bukan kata saya lo tp kata para pakar juga bukan kata kadrun yang menilai berdasarkan ilmu ala kadarnya di tambah faktor kalah pilpres dan terindikasi terkena virus khilapreet.hitung-hitungan kadrun sederhana banget di lihat dari pertamina yang boleh di katakan memonopoli penjualan BBM meskipun ada shell tp tidak terlalu mengganggu.harusnya untung ngga boleh rugi kata kadrun.

Kadrun tidak melihat kondisi di akibatkan covid 19 menjadikan konsumsi BBM mengalami penurunan drastis itu hanya salah satu faktor saja dan faktor lainnya sudah di jelaskan di atas.

Bandingkan dengan DKI dengan luasan 7.659,02 km2 saja jumlah kerugiannya 40 T itu juga belum di audit seluruhnya bisa jadi lebih dari itu.kalau yang ini sih selain covid 19 juga salah kelola dan salah pilih pemimpin betul ngga ndruuun ..

Salam waras,

Abe zeed

TAG TERKAIT :
Ahok PERTAMINA Pemprov DKI Jakarta Pertamina Rugi Pemprov DKI Rugi 40 T Anies Bikin Pemprov DKI Rugi

Berita Lainnya