Peristiwa

Buat Laporan Palsu Soal Kebakaran, Pria di Surabaya Ditangkap Polisi

Baharuddin Kamal - 31/08/2020 23:09
Ilustrasi.

Beritacenter.COM - Pemuda berinisial AY, warga Bluru Permai V-18 Sidoarjo ditangkap polisi lantaran membuat berita palsu atau Hoaks terkait kebakaran di Jalan Jetis, Wonokromo pada Kamis (27/8) siang .

"Unit Resmob Satreskrim Polrestabes Surabaya telah melakukan penangkapan terhadap seseorang yang diduga melakukan dan menyebarkan berita bohong, terkait informasi mengenai kebakaran yang terjadi di Jalan Jetis Kulon Gang 5 Surabaya," kata Wakasat Reskrim Polrestabes Surabaya Kompol Wahyudin Latief dalam rilis di Polrestabes Surabaya, Senin (31/8/2020).

Kasus ini bermula saat AY membuat laporan kebakaran di command center 112. Pihak damkar kemudian merespon laporan tersebut dan menerjunkan beberapa unit mobil pemadam serta polsek setempat. Namun saat sampai di lokasi, tidak ada kejadian seperti yang dilaporkan tersangka. Selanjutnya petugas kembali. Warga pun sempat gaduh akibat informasi tersebut.

"Kemudian warga sempat bertanya-tanya (atas informasi itu) dan viral informasinya. Berdasarkan dari informasi itu kami menerjunkan unit Resmob untuk melakukan penyelidikan dan melakukan penangkapan terhadap tersangka," ungkap Latief.

Setelah petugas mengidentifikasi tersangka, mereka mengamankan yang bersangkutan di tempat nongkrong, di salah satu warung kopi di Jala Jetis Kulon pada Jumat (28/8) sekitar pukul 14.00 WIB.

"Dari pengakuan tersangka, mengaku karena iseng, biar gaduh saja," tambah Latief.

Dalam kesempatan itu, Latief berpesan kepada masyarakat agar tidak melakukan hal serupa, karena merugikan banyak orang. Tersangka yang diketahui berprofesi sebagai sopir itu, hanya bisa menyesali aksi iseng yang telah ia lakukan.

Atas perbuatannya, tersangka terancam dijerat Pasal 32 ayat (1) Juncto Pasal 48 ayat (1) UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atau UU Nomor 11 tahun 2008 tentang UU ITE dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara.

TAG TERKAIT :
POLISI Berita Center Surabaya Sebar Berita Hoaks

Berita Lainnya