Internasional

Turki Kecam Penodaan Al Quran di Norwegia Dan Desak Eropa Respon Serius

Anas Baidowi - 02/09/2020 11:19

Beritacenter.COM - Turki mengecam keras penodaan terhadap Al Quran di Norwegia dan Swedia serta mendesak Eropa untuk merespon dengan serius.

Penodaan Al Quran yang terjadi saat kelompok sayap kanan melakukan aksi Hentikan Islamisasi Norwegia (SION) pada akhir pekan lalu, seorang pengunjuk rasa merobek halaman-halaman Al Quran dan meludahinya.

Kementerian Luar Negeri Turki mengecam aksi penodaan terhadap kitab suci Islam tersebut, mereka berharap hal-hal semacam ini seharusnya dapat dicegah.

"Turki akan melanjutkan perjuangannya melawan gerakan fasis dan rasis. Kami politisi dan otoritas Eropa untuk menanggapi masalah ini dengan serius, dan melakukan upaya dalam hal ini," kata Kementerian Luar Negeri Turki dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Anadoli Agency pada Senin (31/8).

Turki melihat, penodaan terhadap Alquran telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir di negara-negara Skandinavia yang mengklaim mereka memimpin dalam demokrasi, hak asasi manusia dan supremasi hukum.

Sebelumnya, rekaman pembakaran Al Quran oleh kelompok sayap kanan di Malmo, Swedia beredar di sosial media. Polisi di Malmo melaporkan telah menangkap sejumlah orang yang diduga terlibat dalam pembakaran Al Quran.

 

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center Turki Pembakaran Al Quran

Berita Lainnya