Bisnis

Harga Minyak Anjlok, Perusahaan Raksasa Sekelas Saudi Aramco Terpaksa Jual Aset

Anas Baidowi - 04/09/2020 11:21

Beritacenter.COM - Harga minyak mentah dunia melemah akibat data pengangguran AS dan melemahnya permintaan. Hal ini membuat para produsen minyak seperti Saudi Aramco harus putar otak untuk bisa bertahan.

Melemahnya harga minyak menjadi ancaman berat bagi raksasa minyak asal arab saudi tersebut. Ditambah dengan kewajibannya untuk membayarkan dividen kepada pemegang saham dan membiayai sebagian pengeluaran pemerintah Arab Saudi.

Hal tersebut membuat Saudi Aramco terpaksa melepas aau menjual sebagian dari aset mereka.

Dikutip dari CNN, Jumat (4/9/2020), laba bersih Aramco menurun lebih dari 73% menjadi US$ 6,6 miliar. menurunnya laba tersebut karena permintaan minyak yang turun akibat kebijakan lockdown di beberapa negara.

CEO Saudi Aramco, Amin Nasser sempat mengatakan permintaan akan minyak sempat mengalami pemulihan setelah kegiatan ekonomi mulai dibuka.

Namun, Kepala Pasar Minyak di IHS Markit, Jim Burkhard mengatakan bahwa permintaan akan minyak akan sulit mencapai level sebelum pandemi hingga setidaknya akhir kuartal I-2021.

"Agar permintaan kembali sepenuhnya, perjalanan, terutama perjalanan udara, perlu kembali normal. Dan itu tidak akan terjadi sampai ada penanganan virus dan vaksin yang efektif," ujar Burkhard dikutip dari CNN, Jumat (4/9/2020).

Hal ini tentu jadi masalah yang besar bagi Saudi Aramco, karena dibebani dengan kewajiban membayar dividen tahunan untuk lima tahun ke depan sebesar US$ 75 miliar.

Dividen tersebut adalah bagian penting dari promosinya kepada investor saat penawaran umum perdana pada bulan Desember lalu, dan merupakan alasan penting Aramco masih bernilai US$ 1,9 triliun, menjadikannya perusahaan publik paling berharga kedua di dunia setelah Apple (AAPL).

Selain itu, perusahaan juga diharapkan tetap melakukan pembayaran kepada pemerintah Saudi, yang mengandalkan pendapatan minyak untuk mendanai pengeluaran sosial dan militer mereka yang cukup besar.

 

TAG TERKAIT :
Berita Center Ekonomi Harga Minyak Anjlok Perusahaan Minyak Saudi Aramco Saudi Aramco Jual Aset

Berita Lainnya