Teknologi

AWAS HOAKS! Pesan Berantai Razia Terhadap Anak

Anas Baidowi - 04/09/2020 15:20

Beritacenter.COM - Warga Purwakarta diresahkan dengan beredarnya pesan berantai melalui jejaring WhatsApp (WA), yang berisi akan ada razia terhadap anak diluar rumah atau yang sedang berkerumun.

Pesan itu juga berisi nada ancaman jika anak-anak yang terjaring razia akan diangkut untuk dikarantina.

Kepala Diskominfo Kabupaten Purwakarta, Siti Ida Hamidah menegaskan, pesan berantai tersebut adalah kabar palsu atau hoaks. Ia pun meminta agar warga tidak mudah percaya dengan informasi yang tidak bisa dibuktikan kebenarannya.

"Tidak benar, itu hoax," tegasnya, Jumat (4/9).

Dia pun mengajak, agar masyarakat tidak ikut menyebarkanluaskan kembali karena dikhawatirkan menimbulkan keresahan di tengah masyarakat.

"Pesan itu stop di anda saja, jangan ikut menyebarkan," tuturnya.

Berikut isi lengkap pesan berantai yang meresahkan warga

Assalamualaikum wr wb.

Bp ibu mohon untuk memberitahukan kepada putra putrinya mulai besok pagi dilarang berkeliaran diluar rumah atau berkerumun ditempat2 keramaian karena Ibu Bupati bersama satpol PP dan Satgas Covid 19 akan Razia keliling dg membawa mobil GDS/ Gerakan Disiplin Siswa. bagi yg terjaring akan diangkut di mobil untuk dikarantina , wali murid dan gurunya akan dipanggil juga, Razia masker bagi yg tidak memakai masker disuruh menyemprot lingkungan radius 1000 meter . Mohon untuk di Share di Paguyuban hari ini juga. Terima kasih. Wassalamu'alaikum wr.wb.

Tampaknya pesan itu sudah beredar luas di tengah masyarakat sejak dua hari lalu. Bahkan, awalnya penerima pesan banyak yang mempercayainya dan kemudian dibagikan ke grup-grup WA. Selain juga sempat menjadi topik bahasa pada obrolan warung kopi.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center Pesan Berantai Razia anak

Berita Lainnya