Bisnis

Saham Tesla Anjlok, Kekayaan Elon Musk Turun Ratusan Triliun

Aisyah Isyana - 10/09/2020 02:20

Beritacenter.COM - Harta kekayaan CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk, tiba-tiba anjok begitu dalam, sebagaiamana perhitungan Bloomberg, yakni USD 16,3 miliar atau lebih dari Rp 241 triliun. Penurunan kekayaan Musk yang sangat signifikan itu membuatnya tak lagi masuk daftar centibilioner, atau orang yang memiliki kekayaan USD100 miliar.

Dengan begitu, Musk tak lagi masuk daftar orang terkaya didunia bersama Jeff Bezos dan Bill Gates. Estimasi dari Bloomberg Billionaires Index menyebut harta Musk berada di kisaran USD 82,3 miliar. Musk yang awalnya berada di rangking keempat orang terkaya, harus turun ke posisi kelima.

Baca juga : Punya Kekayaan Rp1.708 Triliun, Elon Musk Geser Bos Facebook Jadi Orang Kaya Ke-3 di Dunia

Anjloknya harta kekayaan Musk itu tak lepas dari menurunya performa saham Tesla. Pantauan perdagangan awal pekan, saham Tesla diketahui anjlok hingga 21% pada jam tambahan perdangan. Ini merupakan pelemahan terbesar harian sepanjang sejarah Tesla di bursa saham.

Mobil listrik ciptaan Elon Musk, Emiten, terbawa arus anjloknya saham teknologi di Bursa Wall Street. Terlebih, Tesla juga tak masuk ke dalam daftar baru indeks S&P 500, yang mana mencakup para perusahaan besar dengan salah satu kriteria konsisten menuai profit.

Dalam beberapa kuartal ini, Tesla sejatinya sudah mampu meraih profit, lantaran penjualan mobil listrik yang cukup memuaskan ditengah pandemi COVID-19, meski akhirnya belum dimasukkan dalam daftar tersebut. Kendati harga sahamnya anjlok, Tesla masih bernilai diatas USD 300 miliar.

Meski saham Tesla anjlok cukup dalam, Musk terkesan tak begitu peduli lantaran jumlahnya yang senantiasa berfluktuasi. Musk yang dilahirkan di Afrika Selatan kemudian pindah ke Kanada dan Amerika sedari muda itu bahkan mengaku pernah sampai tak memiliki banyak uang tunai.

TAG TERKAIT :
Bill Gates Jeff Bezos SpaceX Orang terkaya dunia Tesla Elon Musk Centibilioner

Berita Lainnya