Ekonomi

DJP: Pemungutan Pajak Sektor Digital Dorong Penerimaan Negara

Anas Baidowi - 10/09/2020 19:08

Beritacenter.COM - Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (Ditjen Pajak Kemenkeu) berharap pemungutan pajak pada perusahaan digital dapat mendorong penerimaan negara di tengah pandemi Covid-19. Apalagi didukung dengan perkembangan sektor digital ditengah krisis kesehatan seperti ini.

Direktur Perpajakan Internasional DJP Kemenkeu John Hutagaol mengatakan bahwa pemungutan pajak digital akan melalui tiga sumber. pertama melaui penarikan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) kepada pengguna produk digital yang akan dilakukan oleh perusaaan digital.

Kedua, melalui pemungutan Pajak Penghasilan (PPh) dari perusahaan digital. dan yang terakhir, melalui pemungutan pajak dari transaksi elektronik.

"Kami tentu berharap dengan pungutan pajak bisa membantu penerimaan pajak. Ini akan memberi dampak positif ke penerimaan pajak," ujar John di acara diskusi ekonomi yang diselenggarakan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), Kamis (10/9).

Menurutnya, pemungutan pajak pada perusahaan digital dirasa perlu. Mengingat pertumbuhan perusahaan digital yang menunjukkan angka positif di tengah pandemi saat ini.

"Tentunya kita tahu bahwa sektor ini di tengah pandemi growing (tumbuh), ketika kita social distancing (jaga jarak), dia sangat untung," katanya.

John memprediksi penerimaan pajak akan meningkat pada akhir tahun, walaupun Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara total akan diterapkan lagi.

"Kami berharap pada kuartal III, penerimaan pajak membaik, ekonomi membaik. Begitu juga pada kuartal IV," tuturnya.

Selain pemungutan pajak di sektor digital, pemungutan pajak juga akan dilakukan pada perusahaan-perusahaan di sektor lain yang juga tumbuh positif seperti sektor perbankan dan farmasi.

"Keuangan dan farmasi itu kinerjanya relatif bagus dibandingkan yang lain. Ini akan memberikan dampak positif ke penerimaan pajak," ucapnya.

Berdasarkan data DJP, realisasi penerimaan pajak baru mencapai Rp601,9 triliun per 31 Juli 2020. Realisasi itu baru mencapai 50,2 persen dari target Rp1.198,8 triliun pada tahun ini.

Bila dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu, realisasi penerimaan pajak tahun ini masih kalah. Tercatat, realisasi penerimaan pajak mencapai Rp705,4 triliun atau 44,7 persen dari pagu Rp1.577,6 triliun pada 31 Juli 2019.

TAG TERKAIT :
Berita Center Penerimaan Negara Direktorat Pajak DJP Pajak Perusahaan Digital

Berita Lainnya