News

Satpol PP Masifkan Razia Manusia Silver, KPAI: Hindari Kekerasan

Anas Baidowi - 12/09/2020 14:48
Anak-anak Jadi Manusia Silver

Beritacenter.COM - Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta petugas Satpol PP di Ibukota dan daerah penyangga untuk menghindari kekerasan dan mengedepankan pendekatan humanis saat menindak manusia silver yang dominan anak-anak.

Komisioner KPAI Susanto mengapresiasi petugas Satpol PP yang mengamankan manusia silver itu. Apalagi, Ibukota akan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total senin mendatang.

Namun, petugas tidak boleh menggunakan alasan penegakan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebagai landasan untuk menindak anak-anak itu dengan cara kekerasan.

"Namun penerapan PSBB yang ketat dan aturan yang ketat, jangan sampai membawa petugas pada alasan penegakan aturan semata mata untuk anak. Sehingga kesal dan melakukan kekerasan. Ini yang harus dihindari," katanya Sabtu (12/9/2020).

KPAI berharap agar anak-anak Indonesia mendapat pemahaman tentang bahaya berada di Jalanan, Apalagi di masa pandemi saat ini. Oleh karena itu, ia berharap agar Satpol PP dalam melaksanakan penindakan terhadap mereka harus didasari atas paradigma perlindungan.

"Kita ingin di masa pandemi ini kebijakan, penjangkauan, pendidikan keluarga menjadikan kita menjadi generasi pengurang dampak bencana," harapnya.

Ia menyarankan agar petugas mendengar terlebih dahulu alasan mereka mengamen dengan membranding diri sebagai manusia silver. Dengan begitu, pemerintah memudahkan pemerintah dalam membuat kebijakan.

"Tidak boleh melihat anak-anak ini sepeti kriminal. Dikejar-kejar dianggap dan diperlakukan seperti kriminal. Tidak boleh juga. Karena hulunya harus dilihat lebih jauh," katanya.

TAG TERKAIT :
Berita Center KPAI Razia Manusia Silver Manusia Silver

Berita Lainnya