Internasional

Tuntut Hak Perempuan, Para Aktivis Feminis Bakar Gedung Komisi HAM di Meksiko

Anas Baidowi - 12/09/2020 11:35
Aktivis Feminis di Meksiko

Beritacenter.COM - Sejumlah aktivis membakar gedung komisi hak asasi manusia (HAM) di Meksiko pada Jumat (11/9). Pembakaran gedung itu sebagai bentuk protes dalam menuntut keadilan atas kasus kekerasan terhadap perempuan (Femisida) di Meksiko.

Menurut saksi mata, kronologi kejadian berawal setelah para aktivis mencoret gedung itu dengan gambar-gambar grafity. Setelah itu, sekitar 25 orang perempuan yang mengenakan cadar lalu mendobrak pintu dan menyulutkan api di dalam gedung tersebut hingga terbakar.

Tak hanya itu, saat meninggalkan gedung, para aktivis itu juga melempari dinding luar gedung dengan bom molotov.

Otoritas Negara Bagian Meksiko mengatakan bahwa dalam pembakaran tersebut, pihaknya telah menangkap 13 aktivis perempuan yang diduga sebagai provokator aksi pembakaran gedung tersebut.

Namun, mereka lalu dibebaskan setelah mendapat protes keras di media sosial yang karena dianggap melakukan penanganan terhadap para aktivis perempuan itu dengan cara kekerasan.

Jaksa penuntut pemerintah negara bagian menjelaskan bahwa petugas dalam melaksanakan penangkapan terhadap ke-13 aktivis sesuai dengan protokol penangkapan.

Perlu diketahui, kasus femisida di meksiko selama Januari hingga Juli 2020 memang mengalami peningkatan sebesar 5,4% jika dibanding dengan tahun lalu. Bahkan, pad bulan Juli saja, sebanyak 74 perempuan di Meksiko telah menjadi korban pembunuhan.

 

 

 

TAG TERKAIT :
Berita Center Pembakaran Gedung Komisi HAM Meksiko Femisida Kekerasan Terhadap Perempuan di Meksiko

Berita Lainnya