News

Menristek Terkait Kabar Indonesia Tak Butuh Vaksin: Virus Covid-19 Akan Bersama Untuk Waktu yang Lama

Anas Baidowi - 14/09/2020 16:50
Menteri Riset dan Teknologi dan Kepala BRIN: Bambang Brodjonegoro

Beritacenter.COM - Menanggapi kemungkinan Indonesia bisa terbebas dari pandemi Covid-19 tanpa vaksin. Menteri Riset dan Teknologi sekaligus Kepala BRIN, Bambang Brodjonegoro menyatakan bahwa tidak seperti penanggulangan SARS dan MERS, dalam penanggulangan Covid-19 akibat dari virus corona SARS-CoV-2, dibutuhkan sebuah vaksin.

"Virus Covid-19 akan bersama umat manusia untuk waktu yang tidak pendek. Agar ada imunitas massal perlu dibantu vaksin," ujar Bambang, Senin (14/9/2020).

Bambang menuturkan bahwa menghadapi pandemi Covid-19 tetap memerlukan vaksin. tidak bisa kalau hanya mengandalkan daya tahan tubuh atau dengan bantuan suplemen, vitamin, olahraga, dan lain-lain.

Salah satu bukti diperlukannya vaksin untuk menangani pandemi Covid-19, kata dia terlihat dari seluruh negara yang berupaya mengembangkan vaksin. Bahkan, dia menegaskan China yang merupakan negara pertama ditemukannya virus corona SARS-CoV-2 sangat aktif mengembangkan vaksin.

Lebih lanjut, Bambang menuturkan vaksin khusus Covid-19 diperlukan mengingat vaksin flu yang ada saat ini tetap perlu diperbarui. Meski tidak merinci, dia berkata pembaruan vaksin flu dilakukan pada periode tertentu.

Dia juga mengingatkan virus corona SARS-CooV-2 sangat menular dan berbahaya bagi yang tenaga kesehatan dan yang memiliki penyakit bawaan.

"Perlu diperhatikan bahwa meskipun tingkat fatalities Covid relatif rendah, tetapi sangat menular dan berbahaya bagi yang terpapar virus dalam jumlah besar," ujarnya.

"Keduanya (3M dan 3T) harus dilengkapi vaksin untuk perkuat imunitas bersama suplemen, vitamin, dan lain-lain," tambahnya.

 

TAG TERKAIT :
Berita Center Menristek Covid-19 Pandemi COVID-19 Vaksin Covid-19 Indonesia Tak Butuh Vaksin

Berita Lainnya