News

Kabar Baik, Arab Saudi Buka Kembali Ibadah Umrah

Anas Baidowi - 15/09/2020 14:43

Beritacenter.COM - Arab Saudi dikabarkan akan kembali membuka ibadah umroh setelah sempat dihentikan akibat pandemi Covid-19. Namun, jumlah jemaah dibatasi dan tetap menjaga protokol kesehatan.

Mengutip Gulf News, Selasa (15/9), aturan pembukaan ibadah umroh merupakan bagian dari rencana Kementerian Dalan Negeri Arab Saudi untuk mengurangi pembatasan perjalanan.

Pada hari Minggu (13/9) kemarin, kementerian mencabut sebagain pembatasan perjalanan mulai 15 September, dan pencabutan total akan berlaku mulai 1 Januari 2021.

Pihak pemerintah memberikan izin bagi warga Teluk dan non-Saudi dengan izin tinggal atau visa yang sah untuk memasuki wilayah kerajaan mulai Selasa (15/9), selama mereka tidak terinfeksi Covid-19.

Kementerian juga mengumumkan bahwa rencana untuk mencabut penangguhan ibadah umroh dan akan diumumkan secara bertahap.

Menurut sebuah sumber, jemaah umrah dalam negeri akan diizinkan untuk menunaikan ibadah haji asalkan memenuhi syarat dan ketentuan tertentu.

Para jemaah wajib membawa sertifikat medis untuk menunjukkan bahwa mereka dinyatakan negatif virus corona.

Pembukaan ibadah umrah akan dilakukan sejalan dengan langkah pencegahan dan protokol pencegahan virus corona.

Kementerian Haji dan Umrah akan segera mengumumkan syarat dan ketentuan terkait hal ini, kata sumber itu.

Sumber tersebut membenarkan bahwa akan ada aplikasi seluler yang menentukan tanggal dan waktu pelaksanaan ibadah oleh setiap jemaah dan izin akan dikeluarkan oleh otoritas terkait kepada mereka yang memenuhi syarat dan ketentuan.

Wakil Menteri Haji dan Umrah untuk Urusan Haji Dr Hussein Al Sharif menegaskan sebelumnya bahwa kementeriannya akan bekerja untuk mengevaluasi pengalaman keberhasilan luar biasa saat menyelenggarakan ibadah haji tahun ini.

Dia mengatakan bahwa kementerian akan menjadikan pengalaman sukses itu sebagai acuan untuk menyelenggarakan ibadah umroh.

TAG TERKAIT :
Berita Center Arab Saudi Umroh Ibadah Umroh dibuka

Berita Lainnya