Ekonomi

Kabar Baik! Ratusan Perusahaan Asing Mau Pindahkan Investasinya ke Indonesia

Lukman Salasi - 16/09/2020 20:09

BeritaCenter.COM – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan ada banyak perusahaan asing yang berencana mau pindahkan investasinya ke Indonesia.

Ini dikatakan Airlangga saat menjadi pembicara kunci di acara HSBC Economic Forum, Rabu (16/9/2020). Relokasi atau rencana pemindahan investasi, kata Airlangga, akibat dampak dari pandemi Corona yang terjadi di China. Banyak perusahaan multinasional yang memutuskan relokasi karena rantai pasok dunia terguncang pandemi COVID-19.

"Kebijakan yang diambil China untuk menekan penyebaran virus COVID sebabkan global supply chain terguncang hebat. Operasi bisnis dalam skala global terhambat dan pendapatan menurun," tutur Airlangga.

"Hal ini dapat jadi kesempatan bagi Indonesia untuk menggantikan posisi China sebagai tujuan investasi dari hub rantai pasok global baru," jelasnya lagi.

Menurut Airlangga, setidaknya ada 143 perusahaan asing yang berencana memindahkan investasinya ke Indonesia. Jumlah 143 perusahaan ini berdasarkan data BKPM.

"Saat ini terdapat 143 perusahaan (asing) yang memiliki rencana relokasi (pindahkan) investasi ke Indonesia, di antaranya dari Amerika Serikat (AS), Taiwan, Korsel, Jepang, Hong Kong, China dengan potensi penyerapan tenaga kerja lebih dari 300 ribu," bebernya.

TAG TERKAIT :
Berita Center Ekonomi Indonesia Airlangga Hartarto Akibat Pandemi COVID-19 Perusahaan Asing Relokasi Investasi ke Indonesia

Berita Lainnya