News

Pengamat: Ahok Tidak Buka Aib, Tujuannya Agar Pertamina Lebih Transparan

Anas Baidowi - 17/09/2020 11:38

Beritacenter.COM - Pengamat ekonomi energi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Fahmy Radhi turut menanggai penyataan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang disebut-sebut membongkar aib perusahaan.

Menurutnya, Ahok melakukan itu bertujuan agar perusahaan migas negara itu lebih transparan.

"Itu bukan membuka aib perusahaan, tapi tujuannya agar secara tata kelola perusahaan Pertamina agar lebih transparan kepada publik," kata Fahmy di Jakarta, Kamis (17/9).

Baca Juga: TOP BANGET !!! Ahok Buka Borok Pertamina dan Siap Lakukan Perubahan

Ia menilai Ahok telah menyadari posisinya sebagai Komut adalah membasmi mafia migas di Pertamina. Dengan tata kelola yang lebih transparan diyakini bisa memagari mafia migas dalam berburu rente di Pertamina.

Ia juga menanggapi terkait kritikan Kementerian BUMN, menurut Fahmy, selama ini peran Kementerian BUMN cenderung sebagai kepanjangan tangan kelompok kepentingan dan endorser dalam menempatkan Komisaris dan Direksi BUMN.

"Bahkan endorses itu lebih powerful ketimbang penilaian kinerja dalam pengangkatan Komisaris dan Direksi BUMN. Sebagai ganti Kementerian BUMN yang dibubarkan perlu dibentuk Super Holding, yang membawahi berbagai holding BUMN dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden," tuturnya.

 

TAG TERKAIT :
Ahok PERTAMINA Berita Center Basuki Tjahaja Purnama

Berita Lainnya