News

Catat! Mulai 21 September Pengguna KRL Wajib Pakai Masker 3 Lapis-Medis

Anas Baidowi - 19/09/2020 07:25
Suasana di dalam KRL

Beritacenter.COM - Baru-baru ini penggunaan masker jenis scuba dan buff dinilai belum efektif untuk mencegah droplets atau cairan yang keluar dari mulut dan hidung.

Untuk itu, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mewajibkan para pengguna KRL untuk menggunakan masker yang terbukti efektif mencegah droplets minimal masker kain dengan tiga lapis atau masker kesehatan. Aturan tersebut berlaku mulai 21 September mendatang.

"Mulai Senin (21/9) KCI mewajibkan seluruh penggunanya untuk memakai masker yang terbukti efektif dalam mencegah droplet atau cairan yang keluar dari mulut dan hidung," ujar VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba, dalam keterangannya, Jumat (18/9/2020).

"Hal ini sesuai dengan berbagai penelitian yang telah dilakukan mengenai jenis masker yang efektif yaitu setidaknya jenis masker kain yang terdiri dari tiga lapisan atau masker kesehatan untuk pemakaian sehari-hari," imbuhnya.

Sesuai arahan Pemprov DKI terkait PSBB, Anne mengatakan bahwa pihaknya akan akan tetap beroperasi dengan jumlah enumpang yang dibatasi.

"Sesuai prinsip PSBB, warga dianjurkan keluar dari rumah seperlunya. Transportasi publik tetap beroperasi dengan pembatasan pada masa PSBB ini untuk melayani mereka yang benar-benar memiliki kebutuhan mendesak," kata Anne.

Sebelumnya, PT KCI telah mensosialisasikan terkait penggunaan masker yang sesuai dengan standar dan melarang para pengguna KRL untuk mengunakan masker scuba atau buff..

"Hindari pemakaian masker scuba atau buff yang hanya 5% efektif dalam mencegah risiko terpaparnya akan debu, virus, dan bakteri," tulis Instagram @commuterline.

 

TAG TERKAIT :
Berita Center KRL PT KCI Pandemi COVID-19 Penumpang KRL Wajib Pakai Masker 3 Lapis Penumpang KRL Wajib Pakai Masker Medis

Berita Lainnya