Politik

Bawaslu Harap Pengundian-Penetapan Nomor Paslon Pilkada Digelar Daring Untuk Cegah Kerumunan

Lukman Salasi - 21/09/2020 19:00

BeritaCenter.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI merekomendasikan kepada KPU agar pengundian dan penetapan nomor pasangan calon di Pilkada Serentak 2020 dilakukan secara daring. Hal ini demi mencegah kerumunan para pendukung paslon di tengah pandemi COVID-19.

"Bawaslu mengharapkan, merekomendasi kepada KPU untuk mempertimbangkan kembali soal penetapan dan pengundian nomor urut pasangan calon ini, kalau masih dimungkinkan dengan fasilitasi daring. Kalau memang dari regulasi memungkinkan itu, apakah memungkinkan nggak terhadap penetapan dan pengundian nomor urut itu dengan daring," kata Ketua Bawaslu, Abhan, dalam rapat di Komisi II DPR, Senin (21/9/2020).

Sesuai jadwal, pengundian nomor urut paslon akan dilaksanakan pada 23 September 2020. sementara penetapan paslon dilakukan pada 24 September.

Bawaslu meminta KPU melaksanakan tahapan tersebut secara daring karena khawatir ada pengerahan massa yang tidak terkendali.

"Karena kalau dari pengalaman, oke di ruangan akan patuh, tapi di luarnya itu yang nggak bisa dikontrol. Jadi kalau masih memungkinkan secara hukum, secara regulasi bahwa penetapan pasangan calon dan pengundian nomor urut pasangan calon bisa dilakukan dengan media daring," ujarnya.

TAG TERKAIT :
KPU Berita Center Bawaslu Pilkada Serentak 2020 Pengundian dan Penetapan Paslon Secara Daring

Berita Lainnya