Nasional

Pilkada Tetap Lanjut Sesuai Jadwal, Istana: Ini Demi Menjaga Hak Konstitusi Rakyat

Lukman Salasi - 22/09/2020 18:02

BeritaCenter.COM - Pilkada Serentak 2020 tidak jadi ditunda dan tetap lanjut sesuai jadwal, 9 Desember 2020. Juru Bicara Presiden Joko Widodo (Jokowi), Fadjroel Rachman mengatakan, penyelenggaraan Pilkada 2020 tetap sesuai jadwal demi menjaga hak konstitusi rakyat.

"Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 tetap sesuai jadwal, 9 Desember 2020 demi menjaga hak konstitusi rakyat, hak dipilih dan hak memilih,” kata Fadjroel dalam keterangan tertulisnya, Senin (21/9).

Fadjoel berpesan agar penyelenggaraan Pilkada di tangah pandemi ini dilakukan dengan disiplin tinggi dan ketat sesuai protokol kesehatan agar tidak jadi kluster baru.

“Pilkada harus dilakukan dengan disiplin protokol kesehatan ketat disertai penegakan hukum dan sanksi tegas agar tidak terjadi klaster baru Pilkada," sambungnya.

Sebelumnya, kepastian Pilkada 2020 tetap lanjut sesuai jadwal diputuskan rapat bersama antara Komisi II DPR RI bersama Mendagri, KPU, Bawaslu dan DKPP.

Dalam rapat itu disebutkan bahwa keputusan tetap melanjutkan Pilkada 2020 karena seluruh tahapan Pilkada yang sudah dan sedang berlangsung berjalan dengan baik.

Dalam rapat itu juga diputuskan bahwa Pilkada 2020 akan dilaksanakan dengan protokol yang ketat. Peserta Pilkada akan dikenakan penegakan disiplin dan sanksi hukum jika abai.

"Dengan penegakan disiplin dan sanksi hukum terhadap pelanggaran protokol kesehatan COVID-19," kata Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia Tanjung membacakan hasil kesimpulan rapat di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (21/9/2020).

TAG TERKAIT :
Berita Center Istana Pilkada Serentak 2020 Pandemi COVID-19 Pilkada 2020 Lanjut Hak Konstitusi Rakyat

Berita Lainnya