News

BPBD Jabar : Delapan Jembatan Putus Akibat Banjir Bandang di Sukabumi

Aisyah Isyana - 22/09/2020 19:45

Beritacenter.COM - Banjir bandang menerjang tiga kecamatan di Sukabumi, Jawa Barat, yakni di Kecamatan Cicurug, Cidahu dan Parungkuda, Senin (21/9). Pasca terjadinya banjir, BPBD Jawa Barat mencatat terdapat delapan jembatan putus dan ratusan rumah terendam banjir.

Tercatat, ada sebanyak 234 rumah warga yang teredam akibat banjir tersebut. Dari ratusan rumah itu, dua unit rumah dilaporkan rusak sedang, satu rumah rusak berat, dan empat rumah lainnya hanyut terbawa banjir. Selain itu, ada dua musala yang ikut terendam banjir.

Baca juga :

"Sebanyak 234 rumah terendam, dua unit rumah rusak sedang, dan satu unit rumah berat, empat unit rumah hanyut, dua unit mushola terendam dan delapan unit jembatan terputus," tulis BPDB Jabar dalam unggahan di Instagramnya, Selasa (22/9/2020).

Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum dan pihak BPBD Jabar melakukan monitoring serta pendampingan penanganan darurat di lokasi banjir bandang di Sukabumi.

Sementara itu, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, juga telah mengintruksikan para kepala daerah untuk mewaspadai berbagai macam bencana di musim penghujan saat ini. Kang Emil meminta kepala daerah untuk menyiapkan beragam rencana antisipasi bencana hidrologis, seperti banjir dan longsor.

"Sudah diinstruksikan agar para kepala daerah untuk posisi waspada dan menyiapkan beragam rencana antisipasi bencana hidrologis yang terukur," tulis Ridwan Kamil dalam unggahan Instagramnya, Selasa (22/9/2020).

Untuk diketahui, banjir bandang menerja Desa Pasawahan dan Desa Mekarsari di Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. Sungai Cicatih yang merupakan aliran utama sungai meluap dan menyebabkan sejumlah rumah warga rusak dan beberapa mobil ikut tergenang hingga terbawa arus banjir.

Banjir bandang itu turut mengakibatkan tiga warga Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, hilang, Senin (21/9/2020). Tim gabungan Polri, TNI, dan tim SAR masih melakukan pencarian terhadap ketiga orang warga tersebut.

TAG TERKAIT :
Tim SAR Bencana Alam Polri-TNI Banjir Sukabumi Banjir Bandang Sukabumi BPBD Jabar

Berita Lainnya