News

PSBB Diperketat, Polda Metro Jaya Luncurkan Aplikasi Palayanan Pajak Kendaraan Bermotor

Anas Baidowi - 22/09/2020 23:53
Peluncuran aplikasi oleh Polda Metro Jaya

Beritacenter.COM - Polda Metro Jaya meluncurkan aplikasi pengurusan pajak kendaraan bermotor yang diberi nama si Ondel atau Online Delivery. Tujuan dari pembuatan aplikasi tersebut yakni untuk mencegah kerumunan masyarakat yang ingin mengurus atau membayar pajak.

"Aplikasi ini sebagai jawaban masyarakat di tengah pandemi Covid-19 ini, salah satu upaya cegah penularan penyakit ini, menghindari kerumunan dan mengurangi interaksi antarorang," kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Polda Metro Jaya, Selasa (22/9/2020).

Melalui aplikasi tersebut, masyarakat dapat membayarkan pajak kendaraan di mana saja, tanpa harus datang ke kantor Samsat. Selain itu, bukti pembayarannya pun langsung diantarkan ke rumah pemohon pajak.

"Di STNK setiap tahun ada stiker di STNK (bukti bayar pajak), kalau kita bayar pajak stiker ini akan ditempelkan di kotak. Pembayaranya secara online maka stikernya akan dikirimkan ke rumah," ujarnya.

Sedangkan untuk pemohon yang BPKBnya masih di leasing atau yang sedang diagunkan tetap bisa membayar pajak lewat aplikasi tersebut.

"Tetap bisa membayar pajak kendaraan bermotor lewat aplikasi Si Ondel," katanya.

Untuk mempermudah masyarakat dalam pembayaran, Sambodo mengatakan bahwa pihaknya telah bekerjasama dengan beberapa Bank, diantaranya Bank DKI, Bukopin, BTN, BRI, My Bank, Permata, Mandiri serta BCA.

Hingga sekarang, aplikasi tersebut hanya bisa diakses pengguna Android. Sedangkan untuk Ios harus menunggu proses pengembangan terlebih dahulu.

Selain aplikasi Si Ondel, Ditlantas Polda Metro juga meluncurkan aplikasi Si Jampang atau Jaga Persimpangan. Pembuatan aplikasi tersebut bertujuan untuk memantau keberadaan anggota Polantas yang bertugas secara real time dan online.

"Seluruh pemegang aplikasi dapat mengetahui yang bersangkutan dalam bahaya dan unit-unit terdekat di lokasi tersebut bisa datang ke anggota," ujarnya

 

TAG TERKAIT :
Polda Metro Jaya Berita Center PSBB di Jakarta Pelayanan Pajak Online Aplikasi Pelayanan Pajak

Berita Lainnya