Ekonomi

Pengamat BUMN : Sentuhan Ahok Sanggup Sembuhkan BUMN yang Sakit !

Indah Pratiwi Budi - 23/09/2020 12:52
FOKUS : Ahok

Beritacenter.COM - Pengamat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dari Universitas Indonesia (UI) Toto Pranoto menilai Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok punya sentuhan yang bisa membenahi masalah di badan usaha milik negara (BUMN).

Dia menganalogikan sentuhan Ahok layaknya Midas, seorang raja dalam mitologi Yunani yang terkenal dengan sentuhan emas. Dia pun mencontohkan Holding BUMN Perkebunan, PTPN, yang menurutnya perlu transformasi radikal. Perusahaan itu sudah lama bergelut dengan kesulitan internal yang tidak terselesaikan.

"Misal holding PTPN yang selama ini kinerjanya negatif. Siapa tahu sentuhan Midas Pak Ahok bisa bawa PTPN menuju era baru yang lebih sehat," ucapnya

Menurutnya, kelemahan PTPN adalah banyaknya fasilitas pabrik yang sudah tua sehingga tidak efisien. Belum lagi keterlambatan dalam replanting. Untuk itu dibutuhkan ekuitas besar untuk investasi baru terkait hal di atas.

"Diperlukan juga leadership yang kuat untuk melakukan change management, sehingga semangat PTPN bisa lebih kompetitif dalam bersaing di market," ujarnya.

Dia menambahkan bahwa calon Dirut BUMN bisa dari mana saja, tidak harus dari internal.

"Jadi bisa dari eksternal sepanjang memang dianggap calon tersebut punya kapabilitas kepemimpinan yang sesuai. Terutama terkait aspek integritas, visionary leadership dan kemampuan execution yang handal," ungkapnya.

 

TAG TERKAIT :
Ahok PERTAMINA Basuki Tjahaja Purnama Ahok Bongkar Bobroknya Pertamina Kebobrokan Pertamina

Berita Lainnya