News

Kendalikan Banjir, Pemprov Bakal Bangun 300 Sumur Resapan

Anas Baidowi - 23/09/2020 20:55

Beritacenter.COM - Sebagai salah satu program pengendalian banjir di ibukota, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta akan membuat sebanyak 300 ribu sumur resapan yang rencananya akan tersebar pada tahun 2020.

Kepala Dinas (SDA) DKI Jakarta Juaini Yusuf mengatakan bahwa sumur resapan tersebut nantinya akan tersebar di 5 wilayah di DKI Jakarta.

"Tahun ini sekitar 300 ribu titik disebar di 5 wilayah," ujar Juaini di Jakarta, Rabu (23/9).

Untuk merealisasikan rencana tersebut, Pemprov Jakarta harus mengeluarkan dana sekitar Rp7 miliar. Dana tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) murni Pemprov DKI 2020.

Anggaran Rp7 miliar itu belum sepenuhnya cair. Dinas SDA masih menunggu pencairan sisa anggaran tersebut.

"Sumur resapan enggak banyak cuman Rp7 miliar kalau enggak salah, tapi tetap kita upayakan terus sampai nunggu ya anggaran ini cair," jelasnya.

Saat ini, ucap dia, pihaknya masih mencari titik-titik lokasi baru yang dianggap rawan banjir untuk dijadikan sebagai sumur resapan.

"Pembuatan sumur resapan yang dilakukan oleh sudin sendiri masing-masing wilayah secara swakelola," ungkapnya.

Nantinya sumur resapan tersebut akan dibuat di beberapa fasilitas atau gedung milik pemerintah. "Contohnya di kantor kelurahan, kecamatan, puskesmas, di masjid-masjid, yaitu untuk menambah titik-titik dari sumur resapan itu sendiri," pungkasnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center Pemprov DKI Pengendalian Banjir Banjir DKI

Berita Lainnya