News

Hadi Pranoto Hadiri Pemeriksaan Lebih Awal, Ada Apa

Anas Baidowi - 23/09/2020 23:32
Hadi Pranoto

Beritacenter.COM - Hadi Pranoto yang dilaporkan oleh Ketua Cyber Indonesia, Muannas Alaidid menjalani pemeriksaan lanjutan terkait kasus klaim temukan obat yang bisa menyembuhkan Covid-19 dalam video yang ditayangkan di akun YouTube dunia MANJI milik artis Anji.

Seharusnya, pemeriksaan Hadi Pranoto dijadwalkan oleh penyidik pada Rabu (24/8/2020) besok. Namun, Hadi bersama pengacara sudah datang lebih awal, yakni pada Rabu (23/9/2020).

"Hari ini pemeriksaan lanjutan terlapor HP, bahwa pada pemanggilan kedua ia sudah hadiri, tapi saat itu yang bersangkutan minta izin karena kurang sehat sehingga perlu ada pemeriksaan lanjutan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus.

Sebelumnya, Hadi Pranoto sempat terancam dijemput paksa oleh penyidik Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya lantaran dua kali mangkir dari panggilan penyidik.

Pengacara Hadi Pranoto, Tonin Singarimbun, menyebut kliennya tidak bisa hadir lantaran sakit. Kemudian Hadi akhirnya memenuhi pemeriksaan pada Selasa (8/9/2020) kemarin. Ia menjawab total 48 pertanyaan penyidik dengan lancar.

Dalam pemeriksaan itu, Hadi dicecar pertanyaan oleh penyidik diseputar wawancaranya dengan artis Anji seputar penemuan obat Covid-19 yang ditayangkan di akun YouTube dunia MANJI milik artis Anji.

Tonin menjelaskan, pemeriksaan Hadi memperjelas duduk perkara pada kasus yang menjerat kliennya tersebut. Karena itu, kliennya tidak bisa dijerat dengan UU ITE terkait berita bohong. Pasalnya, kliennya tidak memiliki FB, Youtube, IG atau Twitter.

"Seharusnya musisi Anji yang kena UU ITE. Sebab Anji lah yang menyebarkan video tersebut melalui akun YouTube-nya. Klien kami tidak punya sosial media," pungkasnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center Covid-19 Klaim Obat COVID-19 Hadi Pranoto

Berita Lainnya