Politik

Akhyar: Sejatinya Paslon Ikut Pilkada Untuk Menang, Bukan Mengatasi Covid-19

Anas Baidowi - 26/09/2020 02:30
Calon Wali Kota Medan, Akhyar Nasution

Beritacenter.COM - Calon Wali Kota Medan, Akhyar Nasution mengatakan bahwa sejatinya calon kepala daerah (Cakada) mengikuti Pilkada adalah untuk menang, bukan untuk mengatasi Covid-19.

"Paslon itu ikut Pilkada untuk menang, bukan untuk mengatasi covid. Itu dulu, filosofinya jangan ditumpah-tumpahkan. Kalau sudah jadi kepala daerah, baru menangani covid. Tapi Pilkada ya tujuannya untuk memenangkan Pilkada," kata Akhyar dalam keterangannya, Jumat (25/9/2020).

Menurut Akhyar, Pemerintah tidak seharusnya menumpahkan tanggung jawab penanganan corona kepada paslon. Seperti memberikan sanksi kepada paslon jika ditemukan adanya pelanggaran protokol kesehatan selama tahapan Pilkada berlangsung. Ia menilai hal ini tak bisa sepenuhnya disalahkan kepada paslon.

Akhyar mengkritik langkah Kementerian Dalam Negeri memperingatkan pihaknya karena menimbulkan kerumunan ketika mendaftarkan diri pada Pilkada 2020. Ia mengklaim tak tahu akan ada massa yang mendatanginya saat mendaftar.

"Belum apa-apa paslon dikasih sanksi dan lain-lain. Padahal dalam prakteknya saat pendaftaran saya tidak undang, tapi banyak orang datang. Tanggung jawab siapa itu? Apa buktinya saya undang orang?," katanya.

Menurutnya pemberian sanksi terhadap paslon ketika protokol kesehatan dilanggar jadi tidak adil. Ia mengatakan pemerintah dan penyelenggara pemilu dalam hal ini tidak bisa asal menyalahkan paslon akan semua pelanggaran pada Pilkada.

"Mendagri kan punya pendapat sendiri. Apapun masukan kami juga dipaksakan. Nggak masuk itu barang. Apa yang mereka jalankan, ya jalankan. Kalau ada masalah paslonnya yang salah," lanjutnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center Pilkada Serentak 2020 Pilkada 2020

Berita Lainnya