Nasional

Mahfud MD Angkat Bicara Soal Tayangan Film G30S/PKI: Silahkan Saja, Hukumnya Mubah

Anas Baidowi - 27/09/2020 13:19
Menko Polhukam, Mahfud MD

Beritacenter.COM - Menteri Koordinator Polhukam, Mahfud MD mengatakan terkait dengan polemik pemutaran film G30S/PKI, bahwa pemerintah tidak melarang atau mewajibkan siapa pun untuk menonton film G30S/PKI.

“Pemerintah tidak melarang ataupun mewajibkan untuk nonton film G30S/PKI, Kalau pakai istilah hukum Islam, mubah” kata Mahfud dalam cuitannya melalui akun Twitter miliknya, Minggu (27/9/2020).

Selain itu, Mahfud juga mengatakan bahwa pemerintah tidak melarang atau mewajibkan seluruh stasiun televisi untuk menayangkan film G30S/PKI, termasuk stasiun televisi plat merah sekalipun, yakni TVRI. Karena untuk penayangan juga tergantung pemegang hak siar.

“Silakan saja. Untuk TV-TV termasuk TVRI mau tayang atau tidak,” ujarnya.

“Juga tergantung kontraknya dengan pemegang hak siar sesuai pertimbangan rating dan iklannya sendiri-sendiri,” tutupnya.

Sebelumnya, kelompok yang menamakan dirinya Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) pimpinan Gatot Nurmantyo, Din Syamsuddin dan Rakhmat Wahab mengirimkan surat terbuka kepada Presiden Joko Widodo yang mewajibkan penayangan film G30S/PKI.

“Presiden Joko Widodo sesuai kewenangan yang dimilikinya menyerukan lembaga-lembaga Pemerintah dan lembaga-lembaga penyiaran publik, khususnya TVRI, untuk menayangkan Film Pengkhianatan G 30-S/PKI dan/atau film serupa, agar rakyat Indonesia memahami noda hitam dalam sejarah kebangsaan Indonesia,” kata KAMI dalam surat terbuka mereka.

TAG TERKAIT :
Berita Center Mahfud MD Tayangan Film G30S/PKI Film G30SPKI

Berita Lainnya