Politik

MANTAP...! Gibran Blusukan Online

Indah Pratiwi Budi - 28/09/2020 08:35

Beritacenter.COM - Calon Wali Kota dan calon Wakil Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming dan Teguh Prakosa resmi mendapat nomor urut 1 di Pilwakot Solo yang digelar KPU Surakarta di Hotel Sunan, Kamis (24/9/2020) siang.

Usai resmi mendapat nomor urut, Paslon Gibran-Teguh pun menyiapkan strategi kampanye yang menarik di tengah pandemi Covid-19. Ketentuan mengenai kampanye akbar tertuang dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pilkada dalam Kondisi Bencana Nonalam Covid-19 yang terbit pada 7 Juli 2020.

Hal ini pun membuat Gibran-Teguh melakukan kampanye blusukan online, guna menghindari pengumpulan massa. Chandra selaku teknisi alat virtual box campaign mendeskripsikan alat blusukan online ini, “Menggunakan daya baterai/aki, ada inverter yang bisa menghidupkan tv, sound, laptop. Alat ini portabel, bisa dibawa kemana-mana sehingga tidak membutuhkan daya listrik,” jelasnya.

Chandra lanjut mengungkapkan kelebihan virtual box campaign ini adalah sebagai sarana mengurangi tatap muka, “Jadi, Mas Gibran tidak harus ke lokasi blusukan, cukup di rumah saja. Alat ini bisa blusukan ke rumah-rumah warga. Mas Gibran bisa menyapa warga dan sebaliknya lewat alat ini,” ujarnya.

Sementara itu, Gibran mengungkapkan dirinya siap dengan format baru kampanye virtual ini, “Ya, ini nanti kita akan berkampanye ‘blusukan online’, dilakukan karena masih kondisi pandemi. Jadi kita bisa terhindar dari kerumunan, demi mewujudkan Pemilune Slamet, Wargane Iso Ngeliwet,” tutur pemilik Mangkokku itu.

Sebagaimana bunyi Pasal 64 PKPU 6/2020, partai politik/pasangan calon/tim kampanye yang hendak menggelar kampanye akbar harus mengupayakan agar kampanye dilakukan media daring. Hal ini demi menghindari penularan Covid-19.

TAG TERKAIT :
Gibran Rakabuming Raka Gibran Rakabuming Gibran Pilkada Serentak 2020 Pilkada 2020 Pilkada Solo Calon Wali Kota Solo Gibran-Teguh

Berita Lainnya