News

Hujan Berimbas Banjir dan Longsor, 83 Rumah Warga di Donggala Sulteng Terendam

Aisyah Isyana - 29/09/2020 02:27

Beritacenter.COM - Hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Kecamatan Sojol, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, mengakibatkan terjadinya longsor dan banjir. Sedikitnya ada 83 rumah warga terendam akibat longsor dan banjir tersebut.

"Hujan di wilayah Kab. Donggala dan sekitarnya itu terjadi sejak pukul 12.00-16.20 WITA. Sekitar jam 3 sore, longsor sudah terjadi pada sejumlah titik dan disusul banjir dengan arus yang cukup kencang di Desa Bou. Data sementara 83 rumah terendam," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Donggala, Akris Fatah Yunus, Senin (28/9/2020) malam.

Baca juga :

Akris mengatakan, banjir dan longsor yang terjadi membuat petugas BPBD Donggala bersama Basarnas dan TNI/Polri melakukan evakuasi terhadap warga terdampak.

Sebelumnya, banjir serta longsor juga sempat terjadi di wilayah itu, pada 2 Agustus 2020. Dia menyebut, terdapat dua dusun yang terdampak bencana longsor dan banjir itu di Desa Bou, Kecamatan Sojol, Kabupaten Donggala. Bencana banjir dan longsor akibat curah hujan yang tinggi di wilayah itu, sedikitnya sudah dua kali terjadi di sepanjang 2020.

"Sebagian warga yang telah dievakuasi, mengungsi di keluarga masing-masing yang lokasinya tidak jauh dari desa yang terdampak. Namun, cukup aman dari lokasi yang rawan terjadi banjir dan longsor," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa Bou Arsyad Jaelangkara menyebut banjir terjadi karena air hujan kiriman yang turun dari gunung bekas galian perbaikan jalan. Hingga saat ini, dia mengaku masih belum menmdapat laporan soal adanya korban jiwa akibat bencana tersebut.

"Pokonya itu area pegunungan yang bekas galian yang lokasinya tepat diitepi badan jalan longsor. Tidak ada korban jiwa, cuma ada beberapa rumah kena timbunan lumpur setinggi lutut orang dewasa" Ungkap Arsyad.

TAG TERKAIT :
Banjir Longsor Bencana Alam Cuaca buruk Dongala Sulteng

Berita Lainnya