News

Hanya Modal Sejuta, Paslon Helmi-Muslihan Nekat Maju Pilgub Bengkulu 2020

Anas Baidowi - 29/09/2020 13:56
Pasangan calon Pilgub Bengkulu 2020, Helmi Hasan-Muslihan

Beritacenter.COM - Seorang pasangan calon (paslon) dalam mengikuti kampanye umumnya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Namun tidak dengan paslon Helmi Hasan-Muslihan Diding Soetrisna, mereka hanya mempunyai saldo awal dana kampanye sekitar RP 1 Juta untuk maju Pilkada Bengkulu 2020.

Sementara itu, lawannya yang merupakan paslon petahana, Rohidin Mersyah-Rosjonsyah mempunyai saldo yang jauh lebih besar, yakni Rp 500 juta.

Komisioner KPU Provinsi Bengkulu Eko Sugianto mengatakan bahwa kedua paslon tersebut telah menyerahkan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) pada Jumat (25/9) lalu.

"Kedua paslon gubernur dan wakil gubernur telah menyampaikan LADK dengan tepat waktu. Memang ada perbedaan dalam LADK paslon, untuk paslon nomor urut 1 Rp 1.102.000 dan paslon nomor urut 2 sebesar Rp 500 juta," kata Eko, Selasa (29/9/2020).

Eko mengatakan, pihaknya tidak membatasi saldo awal pada rekening khusus dana kampanye (RKDK) masing-masing pasangan calon. Namun, sumbangan dana kampanye yang berasal dari perseorangan maksimal Rp 75 juta.

Sedangkan sumbangan dari badan usaha atau partai politik (parpol) maksimal Rp 750 juta. Kemudian, untuk pengeluaran dana kampanye tidak boleh lebih dari Rp 67 miliar. Ketentuan-ketentuan itu sudah diatur dalam regulasi PKPU.

Seperti diketahui, Helmi Hasan saat ini menjabat Wali Kota Bengkulu aktif. Helmi-Muslihan maju Pilgub Bengkulu mendapat dukungan tiga partai politik pemilik 10 kursi di DPRD Provinsi Bengkulu, yakni PAN, NasDem, dan Hanura.

Sementara itu, Rohidin Mersyah, yang merupakan gubernur petahana, diusung PDIP dan PKS. Pasangan Rohidin, Rosjonsyah, saat ini menjabat Bupati Lebong.

TAG TERKAIT :
Berita Center Pilkada Serentak Pilkada Serentak 2020 Pilkada 2020

Berita Lainnya