News

Viral Video Air Laut Pantai Benteng Portugis Jepara Surut, Ini Fakta Terkininya

Aisyah Isyana - 29/09/2020 21:40

Beritacenter.COM - Heboh, sebuah video yang menampakkan air laut di Pantai Benteng Portugis, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, surut dan menampakkan pasir pantainya. Video itu viral di media sosial, dimana Pulau Mandalika yang berada di sebrang pantai juga terlihat jelas.

Video berdurasi 15 detik itu memperlihatkan kondisi Pantai Benteng Portugis Jepara yang surut dan menampakkan pasir berwarna cokelat. Bahkan, Pulau Mandalika yang berada di sebrang pantai dan biasanya diakses menggunakan perahu, justru dapat ditempuh dengan jalan kaki.

Baca juga :

Dalam video itu, terdengar suara pria yang menunjukkan kondisi pantai yang tengah surut, Senin (28/9) kemarin. Disebutkan oleh pria yang merekam video itu, kondisi surutnya pantai itu justru menjadi objek wisata yang baru di Jepara.

"Wis angel-angel, pol tengah iki. Piye jalan-jalan rene wisata anyar bro. Sedelek engkas tekan Mandalika. Ora suwe. (Sudah sulit, itu sampai tengah. Bagaimana jalan-jalan ke sini wisata baru bro. Sebentar lagi bisa sampai pulau Mandalika. Tidak lama)," kata pria dalam video, Selasa (29/9/2020).

Video viral itu diunggah akun Facebook MIK (Media Informasi Kota) Jepara. Akun Facebook @putra, mengunggah dua video terkait kondisi terkini Pantai Benteng Portugis Jepara.

"Video pertama adalah kondisi terkini perairan Pantai Benteng Portugis Jepara. Video diambil pada hari Selasa (29/9) pukul 15.10 WIB, sedangkan video kedua adalah video yang viral karena air laut yang surut. Menurut informasi video diambil kemarin sore. Kondisi terkini air laut sudah normal," tulis akun @putra.

Video kondisi Pantai Benteng Portugis Jepara itu mendapatkan berbagai tanggapan dari netizen. Ada pula yang mengaitkan perstiwa surutnya pantai itu dikaitkan dengan tsunami.

"Ndi mau sing do muni bakal ono sunami lah, ono opo lah (Mana tadi yang ngomong bakal ada tsunami)," tulis akun @Nur Rohmad.

"Sing omahe cedak segara mesti wis gawenen weroh air laut pasang surut (Yang rumahnya dekat pantai pasti paham sering lihat air laut pasang surut)," tulis @Adinu Lana.

Menanggapi soal video viral itu, Kepala BPBD Jepara Kusmiyanto menyebut kondisi surutnya Pantai Benteng Portugis adalah peristiwa alam biasa. Kusmiyanto membenarkan soal adanya kondisi surutnya pantai yang disebut lebih jauh ketimbang yang biasa terjadi.

"Berdasarkan informasi dari warga setempat hal tersebut adalah kejadian biasa. Tetapi kondisi air surut ini sedikit lebih jauh dibanding yang pernah terjadi sebelumnya," kata Kusmiyanto saat dimintai konfirmasi malam ini.

"Informasi dari relawan benar itu sekitar Pantai Benteng Portugis," sambungnya.

Meski begitu, dia memastikan jika kondisi air di Pantai Benteng Portugis saat ini sudah kembali normal. Menurutnya, tak adanya yang aneh dengan fenomena alam tersebut.

"Menurut relawan sekitar itu kejadian kemarin sore sekarang sudah normal kembali. Kita konfirmasi dengan BMKG tidak ada masalah," terang Kusmiyanto.

TAG TERKAIT :
Media Sosial Jepara Video viral Pantai Benteng Portugis Jepara Viral Pantai Benteng Portugis Surut

Berita Lainnya