News

Viral Musala di Tangerang Dicoret 'Saya Kafir-Anti Khilafah', MUI : Usut Tuntas!

Tentu kita berharap harus diusut tuntas. Jangan sampai berkembang ke mana-mana. Kami sangat berharap penegak hukum betul-betul diproses dan terbuka, ketemu apa motifnya

Aisyah Isyana - 29/09/2020 23:33

Beritacenter.COM - Viral di media sosial video vandalisme dan Al-Quran dirobek di sebuah musala di Kabupaten Tangerang, Banten. Tampak bagian tembok musala itu dicorat-coret dengan cat pilok. Tak hanya itu, ada Al-Quran juga yang terlihat sobek di lantai musala.

Sebagaimana video viral berdurasi kurang lebih satu menit, tampak seseorang yang bicara di video itu mengatakan jika musala ini telah dicorat-coret. Seorang yang mengetaui lebih dulu kondisi musalah yang dicorat-coret adalah warga bernama Wawan.

Baca juga : Perketat Protokol Kesehatan, Mess Persebaya Surabaya Disterilisasi Pasca 6 Kasus Positif

"Ya ini musala kita nggak tahu dari jam berapa, semuanya dicoret-coret. Awal masuk itu Wawan. Wawan masuk ke sini sudah dengan kondisi sudah dicoret-coret," bunyi video viral tersebut.

Tampak ada coretan bertuliskan 'Tidak Ridho' dibagian lantai dan tulisan 'Saya Kafir' di bagian white board di musala tersebut. Dalam video itu, disampaikan masih belum diketahui motif aksi corat-coret musala itu. Wawan pun urung untuk azan setelah mendapati kondisi musala itu.

"Ini alasannya motifnya apa saya tidak tahu. Begitu saya mau (salat) asar dan Wawan pun nggak mau azan karena kondisi seperti ini," lanjutnya dalam narasi video.

Selain itu, video juga menampakkan lafaz Allah di lantai yang diberikan tanda silang. Terdapat pula kata 'Anti Khilafah' dan 'Anti Islam' dibagian tembok. Parahnya lagi, terdapat Al-Quran yang disobek dan dicoret menggunakan tanda silang. Ada juga dibagian tembok lain yang dicoret dengan tulisan 'Islam Tidak Diridhoi'.

"Ini Al Quran disobek-sobek, dipilok, disilang, semuanya disobek-sobek. Ini dimulai dari jam berapa. Waktu jam 12 belum ada seperti ini," katanya.

Sementara itu, Ketua MUI Kabupaten Tangerang KH Ues Nawawi Gofar meminta agar kasus vandalisme di musalah yang berlokasi di Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Banten, itu segera diusut tuntas.

"Tentu kita berharap harus diusut tuntas. Jangan sampai berkembang ke mana-mana," kata Ues saat dihubungi detikcom, Selasa (29/9/2020) malam.

Dia mendesak aparat yang berwajib untuk memburu dan memproses pelaku sebagaimana hukum yang berlaku. "Kami sangat berharap penegak hukum betul-betul diproses dan terbuka, ketemu apa motifnya," ujarnya.

TAG TERKAIT :
Video viral Vandalisme Vandalisme Musala di Tangerang Musala Dicorat-coret

Berita Lainnya