News

Penasehat KKP Sebut Penerapan Konsep Berkelanjutan Harus Seimbang

Baharuddin Kamal - 30/09/2020 19:16
Gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan.
FOKUS : KKP

Beritacenter.COM - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengungkapkan bahwa penerapan konsep berkelanjutan dalam sektor perikanan serta kelautan harus seimbang dengan melibatkan seluruh pihak supaya dapat berjalan optimal.

"Berkelanjutan adalah paradigma membangun untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia saat ini, tanpa merusak generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan hidup," ucap Penasehat Menteri KP Bidang Sosial-Ekonomi Nimmi Zulbainarni dalam diskusi daring di Jakarta, Rabu (30/9/2020).

Dia menjelaskan, dalam proses introduksi atau pengenalan konsep berkelanjutan harus dilakukan ke negara-negara berkembang yang sering memiliki masalah. Karena, lanjut Nimmi, pihak negara maju cenderung untuk memaksakannya melalui termin atau persyaratan terhadap berbagai bantuan yang diberikan.

Tak hanya itu, dia juga menyoroti berbagai organisasi nonpemerintah atau LSM juga cenderung terlalu eksrim memperjuangkan lingkungan.

Menurutnya, hal itu justru membuat gerakan aktivis terkesan menomor duakan kepentingan pembangunan manusia sehingga tidak mendapat dukungan penuh dari masyarakat.

Untuk itu, dia berharap untuk kedapannya diperlukan adanya manajemen sistem perikanan tangkap yang baik di berbagai pihak. Baik di akademisi, pengusaha ataupun pemerintah untuk melangsungkan kerjasama dalam membenahi data produk hingga kelestarian lingkungan.

TAG TERKAIT :
Berita Center Kementerian Kelautan dan Perikanan KKP

Berita Lainnya