News

Ridwan Kamil: Ujaran Kebencian dan SARA Gangguan Pancasila di Masa Depan

Anas Baidowi - 01/10/2020 12:28

Beritacenter.COM - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil megucapkan selamat Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober. Pancasila kata Ridwan Kamil merupakan kesepakatan yang agung dari perbedaan untuk membangun Indonesia dengan saling menghormati.

"Pancasila adalah kesepakatan agung atau mitsaqan ghaliza, versi bangsa Indonesia supaya kita bisa hidup damai berdampingan hingga akhir nanti," tulis Ridwan dalam akun Instagramnya, Kamis (1/10).

Ia menambahkan, dalam perjalanannya, Pancasila mengalami banyak gangguan, seperti G30S-PKI tahun 1965 atau pemberontakan DI/TII.

Di masa depan, gannguan klasik itu ada seperti ujaran kebencian dan SARA.

"Gangguan klasik itu mungkin ada seperti godaan ideologi baik kanan maupun kiri dengan radikalismenya, ujaran kebencian, SARA, ekonomi anti keadilan sosial maupun sikap anti dialog/musyawarah," ujarnya.

Ridawan Kamil mengajak untuk selalu menjaga Pancasila dengan melawan narasi atau provokasi yang menjauhkan dari Pancasila jika ingin Indonesia tetap utuh.

"Kalau bangsa ini langgeng dan utuh, mari jaga Pancasila kita agar selalu sakti. Lawan semua godaan, narasi atau provokasi yang menjauhkan kita dari Pancasila," tuturnya.

TAG TERKAIT :
Ridwan Kamil Berita Kriminal Indonesia Berita Center Pancasila Kesantian Pancasila

Berita Lainnya