Teknologi

Video Teleskop 'Hubble' NASA Rekam Detik-detik Fenomena Bintang Meledak

Aisyah Isyana - 03/10/2020 01:40

Beritacenter.COM - Teleskop milik NASA, Hubble, berhasil merekam momen saat kehancuran sebuah bintang terjadi. Menyikapi fenomena ini, ilmuwan berpendapat jika bintang termasuk Matahari juga akan berakhir dalam sebuah ledakan hebat yang disebut supernova.

Fenomena supernova bisa dibilang sebagai hal yang umum terjadi, mengingat banyaknya bintang di alam semesta ini. Kendati begitu, dengan keterbatasan peralatan di Bumi, berhasil merekam fenomena itu adalah hal yang langka terjadi.

Baca juga : 

Ledakan supernova yang sempat mengakibatkan sinar terang terjadi di awal Januari 2018 lalu, di galaksi NGC 2525, atau sekitar 70 juta tahun cahaya jaraknya. Pasca kejadian itu, sebulan kemudian teleskop Hubble mulai merekam pemandangan disana menggunakan Wide Field Camera 3.

Teleskop Hubble terus merekam dan mengambil gambar selama setahun sampai Februari 2019, namun perkembangan supernova kian meredup dan tak pernah terlihat lagi.

"Seperti sosok paparazzi antar galaksi, teleskop antariksa Hubble menangkap supernova tersebut, yang adalah bintang yang meledakkan diri," tulis NASA di situsnya seperti dikutip detikINET, Selasa (2/10/2020).

"Tak ada kembang api apapun di Bumi yang dapat menandingi supernova ini, direkam dalam keagungannya oleh teleskop antariksa Hubble," kata pemenang Nobel, Adam Riess yang bekerja di Space Telescope Science Institute (STScI).

NASA menyebut jenis supernova yang terjadi berasal dari bintang katai putih yang telah terbakar. Menjelang masa akhir hidupnya, bintang akan bertambah ukuran menjadi sangat besar, kemudian berubah menjadi keci lagi, hingga akhirnya mengalami proses kehancuran.

Bak bom atom raksasa, bagian inti katai putih akan menjadi cukup panas untuk memicu terjadinya fusi nuklir. Alhasil, proses termonuklir itu mengakibatkan kehancuran pada bintang, atau ledakan supernova. Berikut video rekaman supernova dari teleskop Hubble :

TAG TERKAIT :
Nasa Matahari Teleskop Hubble Bima Sakti Supernova Bintang Ledakan Bintang

Berita Lainnya