Teknologi

Ratusan Ribu iPhone yang Harusnya Didaur Ulang Malah Dijual, Apple Tuntut Perusahaan Ini

Aisyah Isyana - 05/10/2020 16:15

Beritacenter.COM - Raksasa teknologi, Apple, turut berperan dalam pelestarian lingkungan hidup, salah satunya diwujudkan dengan mendaur ulang komponen iPhone, iPad, dan Apple Watch mereka. Sayangnya, perusahaan yang ditunjuk Apple untuk melakukan tugas daur ulang, yakni GEEP Canada, dikabarkan malah menjual gadget-gadget bekas Apple.

Apple yang tak tinggal diam menanggapi hal itu, melayangkan tuntutan terhadap perusahaan tersebut. GEEP Canada dituding telah mecuri 100 ribu lebih gadget bekas Apple dan malah menjual gagdet-gadget itu, ketimbang melakukan tugasnya mendaur ulang perang tersebut, seperti dikutip dari AppleInsider, Senin (5/10/2020).

Baca juga : Video Teleskop 'Hubble' NASA Rekam Detik-detik Fenomena Bintang Meledak

Meski begitu, tudingan Apple malah dibantah oleh GEEP Canada. GEEP Canada yang ikut menggugat balik Apple, mengklaim ada tiga karyawan nakal yang melakukan penipuan tanpa sepengetahuan perusahaan.

Sayangnya, Apple malah mengungkap jika ketiga karyawan GEEP Canada itu, ternyata berada di level manajer senior. Terlebih, ada sekitar 100 ribu iPhone, iPad, dan Apple Watch yang dicuri. Apple menduga tak mungkin jika tiga karyawan itu dapat melakukan penyimpangan jika mereka tak saling terhubung dengan baik.

Apple sebagaimana dalam gugatannya, menyebut jika pihaknya telah mengirimkan 531.966 iPhone ke Geep Canada untuk didaur ulang, antara periode Januari 2015-Desember 2017. Selain itu, ada juga 25.673 iPad, dan 19.277 Apple Watch yang turut dikirm.

Terungkapnya kasus ini bermula saat Apple melakukan audit terhadap gudang GEEP Canada. Dari sini, terungkap jika perangkat Apple telah dipisahkan dan disimpan jauh dari perangkat perusahaan lain.

Apple sejatinya telah leyangkan gugatan pertama kali pada Januari 2020 lalu, meski kabar soal kasus ini baru ramai belakangan ini. Dalam hal ini, GEEP Canada sendiri menyebut pihaknya meminta ganti rugi terhadap ketiga karyawan yang telah membuat perusahaan kehilangan kontrak kerja sama dengan Apple.

TAG TERKAIT :
Gadget Apple IPhone IPad Apple Watch GEEP Canada Daur Ulang

Berita Lainnya