Teknologi

Planet Mars Berada di Orbit Terdekat dengan Bumi Hari Ini, Ini Penjelasan Lapan

Aisyah Isyana - 06/10/2020 19:17

Beritacenter.COM - Hari ini, planet Mars dilaporkan berada di posisi terdekat dengan Bumi. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) memastikan tak akan ada dampak yang membayakan saat orbit Planet Mars berada dekat dengan Bumi.

Saat ini, jarak Planet Mars dengan Bumi dilaporkan berada di 62 juta kilometer. Sementara untuk jarak terjauh antara Bumi dan Mars, berada di 401 juta kilometer. Namun, rata-ratannya berada diangka 225 juta kilometer.

Baca juga : Video Teleskop 'Hubble' NASA Rekam Detik-detik Fenomena Bintang Meledak

Terjadinya fenomena Mars berdekatan dengan Bumi dikarenakan Bumi dan Mars memiliki jalur orbit yang lintasanya tidak bulat semperurna saat mengitari matahari, melaitkan berbetuk elips. Dengan begitu, Bumi dan Mars dapat berdekatan satu sama lain.

Dikatakan Peneliti Pusat Sains Antariksa Lapan, Rhorom Priyatikanto, fenomena Planet Mars berdekatan dengan Bumi ini disebut oposisi. Dia menyebut kondisi ini berbeda dengan saat Bumi dan Bulan saat berdekatan, karena ada pengaruhnya.

"Tidak ada dampak langsung (berbahaya ke Bumi), seperti saat Bumi dengan Bulan. Tarikan gaya gravitasi Mars juga sangat amat kecil. Keistimewaan fenomena ini bisa mengamati Planet Mars dengan mudah karena lebih dekat dan lebih besar," jelas Rhorom seperti dilansir detikNET, Selasa (6/10/2020).

Menurutnya, momen oposisi Mars dan Bumi dapat dijadikan kesempatan untuk meluncurkan wahana antariksa ke Planet tersebut. Namun, peluncuran itu tentunya tidak dilakukan hari ini, melainkan sebelumnya.

Terdapat berbagai negara yang meluncurkan misi antariksa ke Planet Mars, yang waktu peluncurannya dilakukan hampir berdekatan. Sebut contoh Chinadengan misi Tianwen-1, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) yang meluncurkan wahana antariksa Perseverance dan Uni Emirat Arab (UEA) yang mencatatkan sejarah sebagai negara Arab yang meluncurkan misi ke Planet Mars.

"Jadi, oposisi ini bagusnya untuk peluncuran wahana antariksa, sebab jarak lintasnya jadi pendek, murah," ungkap Rhorom.

Sekedar diketahui, fenomena Planet Mars mendekati Bumi ini merupakan sesuatu yang jarang terjadi. Hal itu diperkirakan akan terjadi lagi pada Semptember 2035 dan 2287 mendatang. Untuk tahun 2035, diperkirakan julur lintasan Mars mendekati Bumi berada di rentang mencapai 56.9 juta kilometer. Namun, jarak kedua planet itu juga dapat lebih dekat lagi, atau paling sedikit sekitar 54,6 juta kilometer.

TAG TERKAIT :
Bumi Mars LAPAN Antariksa Oposisi Mars-Bumi Orbit Planet Mars

Berita Lainnya