Kesehatan

Manfaat Konsumsi Madu & Kayu Manis di Pagi Hari untuk Kesehatan

Dewi Sari - 07/10/2020 08:39

Beritacenter.COM - Madu dan kayu manis merupakan bahan alami yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Madu dan kayu manis dapat berdampak untuk kesehatan tubuh kita jika dikonsumsi dipagi hari. Penasaran apa saja manfaat konsumsi madu dan Kayu manis untuk kesehatan ?

Mari kita simak, berikut 5 manfaat jika madu dan kayu manis dikonsumsi untuk kesehatan tubuh kita.

1. Mengurangi risiko penyakit jantung.

Campuran madu dan kayu manis adalah salah satu obat terbaik untuk perawatan jantung. Madu mengandung berbagai polifenol, seperti quercetin, galangin, dan acacetin, yang bermanfaat dalam pengobatan penyakit kardiovaskular.

Sebuah penelitian di Iran menyatakan bahwa madu dapat membantu mengurangi detak jantung yang tidak normal atau tidak teratur.

Ditemukan bahwa pengobatan jangka panjang pada tikus dengan kayu manis meningkatkan profil kardiovaskular mereka.

Penemuan serupa bisa jadi mungkin terjadi pada manusia. Sesuai dengan Departemen Pertanian Amerika Serikat, ekstrak kayu manis yang larut dalam air mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu mencegah penyakit jantung.

2. Meningkatkan imunitas.

Madu dikenal untuk merangsang produksi antibodi yang dapat meningkatkan respons imun. Sifat imunomodulator dari madu membantu perbaikan luka.

Madu juga memiliki enzim penting dan sifat anti tumor. Penelitian mengatakan bahwa madu juga dapat menyembuhkan luka bakar ketebalan parsial yang bisa menjadi hasil dari peningkatan sistem kekebalan tubuh.

Kayu manis mengandung senyawa yang disebut cinnamaldehyde, yang konsumsi moderatnya ditemukan memiliki manfaat pencegahan, salah satunya meningkatkan kekebalan dan mencegah penyakit.

3. Mengobati infeksi kulit.

Campuran ini dapat mengobati berbagai infeksi kulit seperti tinea, ketombe, seborrhea, dan psoriasis. Dalam penelitian lain, salep yang mengandung 20% madu ditemukan memiliki efek positif pada infeksi luka kulit.

Kayu manis dalam campuran tersebut juga dapat memfasilitasi proses yang disebut biosintesis kolagen, yang bermanfaat untuk perawatan antipenuaan pada kulit.

Sifat antioksidan dan anti-inflamasi kayu manis dapat membuat campuran ini ideal untuk mengobati skleroderma. Campuran ini juga dapat menyembuhkan eksim, kurap, dan berbagai jenis infeksi kulit lain.

4. Mengobati peradangan.

Campuran madu-kayu manis mengandung banyak antioksidan dan flavonoid yang membantu mengobati peradangan. Campuran ini juga dikenal untuk membantu pengobatan arthritis.

Kayu manis dalam campuran ini dapat berguna untuk mengobati kondisi peradangan terkait usia seseorang termasuk peradangan usus besar.

5. Mengobati diabetes.

Sesuai penelitian, suplementasi madu pada penderita diabetes membantu menurunkan berat badan. Telah ditemukan bahwa obat anti-diabetes, bila dikonsumsi bersama dengan madu, membantu meningkatkan kontrol glikemik. Madu dalam campuran juga dapat membantu menyembuhkan luka diabetes seperti tukak kaki diabetik.

Namun, beberapa kehati-hatian perlu dilakukan saat menggunakan madu untuk diabetes. Penelitian tertentu menunjukkan kadar hemoglobin A (1c) yang lebih tinggi, yang menunjukkan kontrol yang buruk terhadap kadar gula darah.

TAG TERKAIT :
Berita Center Madu Kesehatan di Pagi Hari

Berita Lainnya