News

PKB soal Demo UU Cipta Kerja : Kasihan Kalau Buruh Sampai Tertular COVID-19

Iya kasihan nanti para sahabat buruh kalau sampai terdampak COVID, ada bagusnya gugat melalui MK dulu saja

Aisyah Isyana - 07/10/2020 10:18

Beritacenter.COM - PKB menyoroti aksi demo sejumlah buruh yang menolak Undang-undang Cipta Kerja ditengah pandemi COVID-19. PKB mengkhawatirkan para buruh malah tertular virus Corona, terlebih aksi demo kerap mengabaikan protokol kesehatan. Untuk itu, PKB menyarankan agar buruh melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Iya kasihan nanti para sahabat buruh kalau sampai terdampak COVID, ada bagusnya gugat melalui MK dulu saja," kata Ketua DPP PKB, Daniel Johan kepada wartawan, Selasa (6/10/2020).

Baca juga : 

Selain itu, Daniel juga mengomentari aksi para buruh yang dilakukan di perusahaan mereka masing-masing. Menurutnya, hal itu dilakukan guna menghindar penyebaran virus Corona.

"Sesuai keputusan para buruh sendiri untuk menghindari klaster dan dampak COVID kepada para buruh, aksi bisa dilakukan di perusahaan sambil mempersiapkan materi gugatan ke MK," katanya.

Daniel tak menampik prihal menyampaikan pendapat merupakan hak setiap warga negara. Meski begitu, dia berharap agar para buruh dapat mempertimbangkan untuk tidak menggelar aksi ditengah pandemi, guna mencegah terjadinya klaster baru Corona.

"Sebenarnya demo itu hak setiap warga, masalahnya pandemi COVID membuat suasana menjadi rumit, kita khawatir buruh dan masyarakat malah menjadi korban penularan yang justru membuat perjuangan mereka semakin berat. Jadi mungkin masukan di atas bisa menjadi pertimbangan yang lebih baik saat ini," tutu Daniel.

Sebagaiamana diketahui, sejumlah buruh kompak menyuarakan penolakan terhadap omnibus lawa UU Cipta Kerja. Di sejumlah penjuru daerah, ribuan buruh turun ke jalan dan melakukan aksi mogok kerja nasional.

Aksi unjuk rasa tolak RUU dilaporkan ricuh di DPRD Jawa Barat. Sedikitnya ada 10 orang diamankan polisi lantaran diduga terlibat kericuhan di depan gedung DPRD Jabar, Selasa (6/10). Mereka diamankan oleh Tim Prabu dan Satreskrim Polrestabes Bandung.

"Kemungkinan ada 10 orang yang diamankan oleh Tim Prabu dan reserse. Kita akan lakukan pemeriksaan terhadap mereka dan dari kelompok mana mereka berasal," ujar Kapolrestabes Bandung Kombes Ulung Sampurna Jaya di lokasi kejadian.

TAG TERKAIT :
Demo Buruh PKB Omnibus Law RUU Cipta Kerja Demo Tolak Omnibus Law

Berita Lainnya