Internasional

Joe Biden soal Debat Capres AS: Kita Tak Boleh Berdebat Jika Trump Masih Positif

Saya tidak sabar untuk bisa mendebatnya, tapi saya hanya berharap semua protokol diikuti. Jika dia masih memiliki COVID, kita tidak boleh berdebat

Aisyah Isyana - 07/10/2020 11:21

Beritacenter.COM - Calon Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, memastikan jika dirinya tak akan berpartisipasi di debat Capres minggu depan, jika Donald Trump masih positif Corona. Meski mengaku tak sabar ingin berdebat dengan Trump, Biden juga menyoroti soal protokol kesehatan yang tetap harus ditaati.

"Saya tidak sabar untuk bisa mendebatnya, tapi saya hanya berharap semua protokol diikuti," kata Biden kepada wartawan seperti dilansir AFP, Rabu (7/10/2020).

Baca juga :

Presiden Trump mengumumkan jika dirinya positif terpapar COVID-19, dua hari setelah debat pertamanya bersama Biden di Clevenland, Jum'at (9/10). Seharusnya, Trump dan Biden dijadwalkan untuk kembali melakukan debat Capres pada 15 Oktober mendatang.

Mengingat kondisi Trump yang belakangan masih positif Corona, Biden mempertimbangkan untuk tak akan mengikuti debat. Menurutnya, protokol kesehatan harus tetap dikedepankan guna menekan penyebaran Corona.

"Jika dia masih memiliki COVID, kita tidak boleh berdebat," tegasnya.

Sebagaimana pedoman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), orang yang dites positif terkena virus Corona harus tinggal di rumah setidaknya 10 hari setelah gejala pertama kali muncul, sementara orang yang sakit parah mungkin perlu tinggal di rumah hingga 20 hari.

"Ini masalah yang sangat serius, jadi saya akan dipandu oleh apa yang menurut para dokter adalah hal yang benar untuk dilakukan," kata Biden.

Sementara itu, Trump sendiri seperti tak memberi indikasi dirinya akan mundur dari debat Capres, karena kondisi kesehatannya. Trump dalam cuitan di akun Twitternya bahkan mengaku sangat menantikan jalannya debat selanjutnya.

TAG TERKAIT :
Donald trump Pilpres AS Joe Biden Donald Trump Positif Corona Debat Capres AS

Berita Lainnya