Kesehatan

5 Manfaat Konsumsi Kunyit, Salah Satunya Bisa Kurangi Risiko Kanker

Dewi Sari - 09/10/2020 15:23

Beritacenter.COM - Kunyit merupakan bumbu dapur yang biasa digunakan untuk penyedap makanan. Kunyit memiliki warna kuning yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Berikut 5 manfaat konsumsi kunyit untuk kesehatan tubuh kita.

1. Anti-inflamasi

The Arthritis Foundation mengutip beberapa penelitian di mana kunyit dapat mengurangi peradangan. Kemampuan anti-inflamasi ini dapat mengurangi kejengkelan yang dirasakan oleh penderita artritis pada persendian mereka. Organisasi tersebut menyarankan mengonsumsi kapsul kunyit 400 hingga 600 miligram hingga tiga kali sehari untuk meredakan peradangan.

2. Pereda sakit

Kunyit dianggap sebagai pereda nyeri. Bumbu ini juga terkenal dapat meredakan nyeri radang sendi. Penelitian tampaknya mendukung kunyit untuk menghilangkan rasa sakit, dengan satu penelitian mencatat bahwa kunyit bekerja sebaik ibuprofen (Advil) pada orang dengan radang sendi di lutut mereka.

Meskipun rekomendasi dosis tampaknya bervariasi, mereka yang berpartisipasi dalam penelitian ini mengonsumsi 800 mg kunyit dalam bentuk kapsul setiap hari.

3. Meningkatkan fungsi hati

Kunyit menjadi perhatian baru-baru ini karena kemampuan antioksidannya. Efek antioksidan dari kunyit tampaknya begitu kuat sehingga dapat menghentikan kerusakan hati oleh racun. Ini bisa menjadi kabar baik bagi orang yang mengonsumsi obat kuat untuk diabetes atau kondisi kesehatan lain yang mungkin melukai hati mereka dengan penggunaan jangka panjang.

4. Mengurangi risiko kanker

Kurkumin menjanjikan sebagai pengobatan kanker. Studi menunjukkan kurkumin memiliki efek perlindungan terhadap kanker pankreas, kanker prostat, dan multiple myeloma.

5. Baik untuk pencernaan

Kunyit dapat membantu pencernaan. Kunyit menambah rasa pada makanan, yang menjelaskan keberadaannya dalam bubuk kari. Namun, kunyit juga bisa berperan penting dalam mencerna makanan tersebut. Bumbu dapat berkontribusi pada pencernaan yang sehat karena sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

 

TAG TERKAIT :
Berita Center Kunyit Berita kesehatan Manfaat Kunyit

Berita Lainnya