Internasional

Cegah Konten Tak Bermoral, Pakistan Larang Penggunaan Aplikasi TikTok

Anas Baidowi - 10/10/2020 00:30
Pakistan melarang penggunaan TikTok

Beritacenter.COM - Pemerintah Pakistan melarang penggunaan aplikasi berbagi video populer asal tiongkok, TikTok. Hal ini karena pihak Pakistan ingin mencegah adanya konten yang tidak bermoral.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (9/10/2020), TikTok telah menjadi sensasi global dengan klip video pendeknya. TikTok memiliki basis pengguna yang besar di kalangan anak muda Pakistan, dengan menarik jutaan pengikut.

Otoritas Telekomunikasi Pakistan (PTA) mengatakan TikTok telah gagal mematuhi dua peringatan, yang menuntutnya memblokir konten tidak bermoral, cabul dan vulgar.

"Aplikasi tersebut gagal untuk sepenuhnya mematuhi instruksi, oleh karena itu dikeluarkan petunjuk untuk pemblokiran aplikasi TikTok di negara ini", kata PTA dalam sebuah pernyataan.

Menurut penasihat media digital untuk Perdana Menteri Imran Khan, Arslan Khalid, mengklaim 'eksploitasi, objektifikasi & seksualisasi gadis muda di konten TikTok' membuat para orang tua terpukul.

"TikTok adalah sumber utama hiburan bagi masyarakat kelas bawah dan menengah Pakistan, serta warga yang buta huruf yang mencakup setengah dari populasi karena berbasis video dan mudah digunakan," kata Usama Khilji, seorang aktivis hak digital, yang mengatakan larangan itu melanggar kebebasan berbicara.

Akhlaq Ahmed, yang mengelola akun TikTok dengan teman-teman dari kota terpencil Jhal Magsi di Provinsi Balochistan, mengatakan berita itu seperti 'kehilangan seseorang dari keluarga saya'.

"Larangan itu tidak adil dan tidak dapat dibenarkan...alih-alih melarang aplikasi, PTA seharusnya meminta TikTok untuk melarang pengguna tersebut," katanya tentang konten tidak bermoral.

TAG TERKAIT :
Berita Center Tiktok Pakistan Larang TikTok

Berita Lainnya