Kesehatan

Pfizer Segera Uji Coba Vaksin COVID-19 ke Anak-anak, Termuda Usia 12 Tahun

Aisyah Isyana - 14/10/2020 14:35

Beritacenter.COM - Pfizer, perusahaan pembuat obat asal Amerika Serikat (AS) dikabarkan bakal segera melakukan uji coba vaksin eksperimental COVID-19 ke anak-anak berusia 12 tahun. Kabar itu menarik ketertarikan para orangtua untuk mendaftarkan anak mereka dalam uji coba itu.

Uji coba vaksin Corona terhadap anak-anak itu akan menjadi yang pertama dilakukan di AS. Uji coba terhadap anak-anak dilakukan pada tahap akhir, guna memahami bagiamana vaksin bekerja pada kelompok usia yang lebih luas, seperti dilansir Reuters, Rabu (14/10/2020).

Baca juga : 

Meski anak-anak yang terinfeksi tergolong sangat langka mendapat gejala parah Corona, tetap saja anak-anak dapat menularkan virus COVID-19 ke orang dewasa dan kelompok lansia yang beresiko tinggi gejala parah Corona. Untuk itu, ujicoba ini menjadi penentu efektivitas vaksin potensial pada anak-anak menjadi sangat penting, Pasalnya, vaksin bekerja secara berbeda-beda pada anak-anak dan orang dewasa.

Dikatakan Direktur Pusat Penelitian Vaksin pada Rumah Sakit Anak Cincinnati, Dr Robert Frenck, pekan ini akan ada sebuah tim di rumah sakit yang akan mulai memvaksinasi remaja berusia 16-17 tahun. Kemudian selanjutnya tim akan memvaksinasi anak-anak berusia `12-15 tahun.

Dalam hal ini, Pfizer dalam situs resminya telah mengkonfirmasi jika mereka telah mendapat persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) untuk menyertakan anak-anak dengan usia paling muda 12 tahun dalam uji cobanya.

"Kami benar-benar berpikir vaksin untuk remaja dan anak-anak akan sangat penting untuk mengendalikan COVID," tutur Dr Frenck kepada CNN.

"Saya pikir salah satu hal yang penting untuk diingat adalah meskipun tingkat kematian anak-anak dengan COVID lebih rendah dari orang dewasa yang lebih tua, itu bukan nol," jelasnya.

Menurutnya, terdapat lebih dari setengah juta anak-anak di wilayah AS telah didiagnosa terpapar virus Corona. "Ini bukan infeksi yang tidak ada pada anak-anak," tandasnya.

Sebagaiamana diketahui, Pfizer merupakan salah satu perusahaan obat yang tengah berlomba mengembangkan vaksin yang aman dan efektif untuk mengatasi virus Corona. Perusahaan lainnya diantaranya, yakni seperti Moderna Inc, AstraZeneca Plc dan Johnson & Johnson.

TAG TERKAIT :
Amerika Serikat Kesehatan Covid-19 Vaksin Corona Vaksin Covid-19 Pfizer

Berita Lainnya