Internasional

WHO Sebut Infeksi COVID-19 pada Petugas Medis Menurun

Dewi Sari - 14/10/2020 17:01

Beritacenter.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menegaskan tingkat infeksi petugas medis yang terpapar virus corona mulai mereda.

Sebelumnya, data dari banyak negara dan wilayah menunjukkan, petugas kesehatan telah terinfeksi pada tingkat yang jauh lebih tinggi dibanding populasi umum.

Petugas kesehatan berjumlah kurang dari 3 persen populasi di sebagian besar negara, namun mereka menyumbang sekitar 14 persen dari semua kasus COVID-19 yang dilaporkan ke WHO. Dan di beberapa negara, mereka telah menyumbang lebih dari sepertiga kasus.

Tetapi, badan kesehatan PBB itu mengatakan analisis data yang dilaporkan dari 83 negara, terutama di Eropa dan Amerika, sekarang menunjukkan telah terjadi penurunan substansial dalam infeksi (pekerja kesehatan) sejak awal epidemi.

"Proporsi petugas kesehatan di antara orang yang baru terinfeksi terus menurun. Proporsi mereka sekarang mendekati bagian dari populasi umum," ujar Anne Perrocheau, ahli epidemiologi WHO, saat konferensi pers virtual, dikutip Times of India, Rabu 14 Oktober 2020.

Beberapa faktor penyebab tingginya kasus COVID-19 pada petugas medis, di antaranya kekurangan Alat Pelindung Diri (APD), dan pelatihan yang tidak memadai tentang cara menggunakannya.

Benedetta Allegranzi, kepala teknis gugus tugas pencegahan dan pengendalian infeksi WHO, mengatakan, sebagian penurunan kemungkinan terkait dengan peningkatan ketersediaan APD.

"Dan kemungkinan besar karena pemahaman yang lebih baik dan kepatuhan terhadap tindakan pencegahan infeksi, seperti terus memakai masker medis atau respirator tergantung situasi, menjaga kebersihan tangan dan menjaga jarak sejauh mungkin," kata dia.

Perrocheau menambahkan, meskipun terdapat variasi yang besar di berbagai negara, tren penurunan juga terlihat pada negara-negara di mana kasus secara keseluruhan mengalami peningkatan.

TAG TERKAIT :
Berita Center WHO Covid-19 Pandemi COVID-19 Satgas COVID-19

Berita Lainnya