Kesehatan

Wajib Dicoba !!! 3 Manfaat Kesehatan Konsumsi Roti Gandum

Dewi Sari - 16/10/2020 19:30

Beritacenter.COM - Roti gandum merupakan makanan yang sering kita jumpai di mana pun. Roti gandung memiliki segudang manfaat untuk keseahtan dan tubuh kita.

Berikut 3 manfaat konsumsi roti gandum untuk kesehetan seperi dilansir dari SFGATE.

Mengandung zat besi

Dua lapis roti gandum menyediakan sekira 2,5 miligram zat besi. Mungkin jumlahnya tidak terlalu banyak. Akan tetapi, mengingat orang dewasa hanya membutuhkan 8 - 18 miligram zat besi setiap hari, maka konsumsi roti gandum dapat memenuhi lebih dari seperempat kebutuhan harian.

Mendapatkan cukup zat besi dapat membantu memastikan oksigen mengalir dengan baik melalui darah ke otak serta terhindar dari sakit kepala dan kelelahan.

Sumber serat yang baik

Menurut data, banyak orang mengonsumsi serat kurang dari yang disarankan. Roti gandum dapat menambah sekira 3 gram serat per lapis. Jadi 2 lapis roti gandum bisa memenuhi hampir sepertiga dari kebutuhan serat harian.

Tambahkan beberapa irisan alpukat atau dan sayuran lain sehingga bisa dijadikan roti lapis atau sandwich yang kaya akan serat. Makan cukup serat dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan kardiovaskular yang lebih baik, dan mengontrol berat badan.

Memberikan energi lebih banyak

Kandungan serat yang tinggi dan sekira 5 gram protein per lapis pada roti gandum memberikan energi lebih banyak bila dibandingkan roti putih. Mereka yang mengonsumsi roti gandum cenderung merasa lebih berenergi, kenyang dalam waktu lama, dan tidak makan terlalu banyak.

 

TAG TERKAIT :
Berita Center Kesehatan Berita kesehatan Roti Gandum

Berita Lainnya