Kesehatan

Lima Manfaat Konsumsi Ubi Jalar untuk Kesehatan

Dewi Sari - 17/10/2020 14:46

Beritacenter.COM - Ubi jalar merupakan jenis makanan yang sering dianggap sepele. Padahal ubi jalar memiliki segudang manfaat yang luar biasa. Mulai dari mencegah diabetes hingga mempercantik kulit berikut ini ada ulasan menarik dari manfaat jika kamu sering mengkonsumsi ubi jalar.

1. Mencegah kerusakan organ dalam

Ubi jalar mengandung banyak vitamin A dan vitamin C, dua vitamin yang penting bagi tubuh. Ubi jalar juga mengandung kandungan vitamin B6 yang tinggi, zat besi, kalium, seng, serat, kandungan komponen nutrisi tersebut, ubi jalar dianggap berpotensi sebagai calon pencegahan dan mengobati sejumlah kondisi degeneratif pada organ tubuh.

2. Mencegah kerusakan paru-paru

Ubi jalar juga dapat membantu mencegah infeksi paru-paru. Kita tahu bahwa bahan kimia dalam asap rokok mengurangi sumber vitamin A tubuh dan menyebabkan masalah paru-paru.

Dengan mendapatkan vitamin A dari ubi jalar, risiko tersebut bisa dibatasi.

3. Kontrol detak jantung

Kalium adalah elektrolit penting yang membantu mengontrol detak jantung dan sinyal saraf. Seperti elektrolit lainnya, kalium bertanggung jawab atas banyak fungsi penting termasuk relaksasi kejang otot, mengurangi pembengkakan, melindungi dan mengontrol fungsi ginjal. Ubi jalar adalah sumber kalium yang tidak bisa Anda abaikan.

4. Mencegah penyakit kanker

Beta karoten sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Pada saat yang sama, beta karoten telah terbukti mampu melindungi tubuh dari faktor penyebab munculnya kanker. Ini juga merupakan nutrisi yang melimpah pada ubi jalar. Wanita dengan asupan kadar beta karoten memiliki risiko terkena kanker payudara lebih rendah.

5. Membantu Penurunan berat badan

Ubi jalar juga menjadi pilihan nomor 1 bagi mereka yang ingin menghilangkan lemak. Energi yang terkandung dalam ubi jalar sangat sedikit, hanya 1/3 dari nasi dan 1/2 dari kentang. Umbi ini tidak mengandung lemak dan kolesterol, yang mencegah konversi gula dalam makanan menjadi lemak dan lemak di dalam tubuh. Makan ubi akan membuat rasa kenyang, sehingga mengurangi jumlah makanan yang terserap pada makanan utama.

TAG TERKAIT :
Berita Center Berita kesehatan Ubi Jalar Mafaaat Ubi Jalar

Berita Lainnya